3 Pilihan Penting dalam Hidup

0
164

Oleh: Sada Arih Sinulingga (Kabanjahe)

 

Sada Arih SinulinggaAda 3 hal yang harus sangat berhati-hati menentukan pilihan dalam hidup kita.

1 .Pendidikan

Jangan memilih pendidikan karena kampusnya ternama akan tetapi jurusannya tidak sesuai dengan bakat atau tidak memiliki prospek ke depan. Jangan pula memilih kampus yang tidak jelas perizinan atau akreditasinya.

Sekarang banyak kampus abal-abal yang menawarkan cepat lulus dan malah ada tanpa kuliah. Gelar sarjana memang perlu, namun jauh lebih penting mendapatkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan daripada sekedar memperoleh gelar atau ijasah.

Jangan karena salah memilih pendidikan akhirnya kita kehilangan kesempatan untuk bekerja.





2. Pekerjaan

Dalam memilih pekerjaan, haruslah lebih berhati-hati lagi. Gaji besar yang dibayar oleh sebuah pekerjaan jika tidak sesuai dengan hati nurani maka ia menjadi beban yang tidak menyenangkan.

Tidak selamanya gaji yang besar adalah tujuan akhir dalam menggeluti sebuah pekerjaan. Ada kepuasan batin tersendiri jika pekerjaan tersebut sesuai hobi kita. Jika suatu pekerjaan diawali dengan gaji kecil namun memiliki prospek ke depan baik dalam peningkatan karir dan gaji yang sesuai hobi tentu tidak salah untuk dipertahankan.

Pedagang/ pengusaha yang sukses umumnya merintis dari bawah. Pilihlah pekerjaan yang sesuai keahlian, pendidikan dan hobi yang kita miliki karena pekerjaan tersebut akan menyenangkan sepanjang masa.

pasangan

3. Pasangan hidup

Memilih pasangan hidup yang serasi adalah impian semua orang. Pasangan hidup menjadi pendorong atau penyemangat dalam pekerjaan dan karir seseorang.

Bukankah seorang suami bersedia menghabiskan waktunya untuk mencari nafkah menghidupi serta membahagiakan istri dan anak-anaknya tanpa pernah lelah? Demikian juga sebaliknya, seorang istri mendampingi suami mengurus anak-anak dan keperluan suami. Bahkan lebih dari itu, kadangkala, istri harus ikut mencari nafkah dengan segala profesi sekarang ini.

Komitmen untuk bersama-sama menjalani rumah tangga dan saling percaya adalah sesuatu bagian yang penting dalam menentukan pasangan hidup. Kecantikan dan ketampanan bukanlah suatu yang utama, namun sifat dan kepribadian adalah sesuatu yang tidak boleh diabaikan.

Tidak harus sama-sama kaya atau sama-sama miskin. Pasangan adalah sesungguhnya saling melengkapi, saling menutupi dan saling menyayangi. Memilih pasangan hidup dengan memperhatikan 3 B (Bibit, Bobot, Bebet).

Jangan lupa, memilih pasangan yang asal-asalan tidak akan bisa pernah bahagia.

Selamat mencoba!




Leave a Reply