Pesta Bunga Sepanjang Jalan Berastagi—Kabanjahe

0
208

SADA ARIH 5SADA ARIH SINULINGGA. BERASTAGI. Menjelang Natal 25 Desember 2015 dan menyambut Tahun Baru 2016, para petani bunga di Desa Raya (Berastagi) dan Desa Sumber Mufakat/ Sumbul (Kabanjahe) benar-benar bergairah. Kedua desa ini dikenal sebagai centra bunga di Kabupaten Karo. Di sepanjang Jalan Jamin Ginting di kedua desa ini bermunculan pedagang musiman membangun tenda-tenda sementara untuk menjual bunga kepada pembeli yang lewat.

Tidak saja untuk warga Kabupaten Karo yang hendak berziarah saat menjelang Hari Natal dan Tahun baru ini, namun juga oleh masyarakat yang menuju Kabupaten-kabupaten Aceh Tenggara, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Tobasa, Simalungun dan Pematan Siantar.

bunga 3Harga bunga memang mengalami kenaikan dari harga biasanya, namun masih dinilai wajar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dianggap wajar karena persedian bunga tahun ini memadai dalam jumlah yang tersedia yang ditanam petani bunga.



Pedagang bunga di Terminal Pasar Berastagi mengalami penurunan omset penjualan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ini terjadi karena di sepanjang jalan raya Desa Raya – Desa Sumber Mufakat/ Sumbul (Jl. Jamin Ginting) bermunculan pedagang bunga musiman.

Jika di pasar para pembeli susah untuk parkir mobil sedangkan di sepanjang jalan tersebut para pembeli dapat dengan nyaman melakukan parkir mobil mereka.




Leave a Reply