Kembang Api Ilegal Beredar di Belanda

0
118

illegal vuurwerk 2LORETA KARO SEKALI. AMSTERDAM. Penulutan kembang api adalah ritual paling dinanti-nantikan oleh orang-orang Belanda yang dilakukan bersamaan dengan pergantian tahun, dari tahun yang lama ke Tahun Baru.

Berbagai jenis kembang api disulut ketika jam menunjukkan Pkl. 00.00 yang pada pergantian tahun kali ini menandakan hari Jumat 1 Januari 2016. Biasanya mereka meminum seteguk dua teguk champagne terlebih dahulu di dalam rumah dan kemudian mulai menyulut kembang apai.

Ada kembang api yang diijinkan oleh pemerintah Belanda, tapi banyak juga beredar kembang api yang ilegal. Kembang api jenis-jenis tertentu tidak diijinkan di Belanda karena dianggap terlalu berbahaya.

Namun begitu, tetap saja ada usaha memasukkan berbagai jenis kembang api illegal dari luar negeri ke dalam negeri dengan cara menyeludupkan. Sebagian diseludupkan untuk dijual di pasar gelap, tetap sebagian diseludupkan oleh pemakai langsung.

Perbatasan Belanda dengan Belgia adalah tempat paling rawan penyeludupan kembang api illegal karena banyak jenis kembang api yang illegal di Belanda ternyata tidak illegal alias diijinkan oleh pemerintah Belgia. Siapa saja bisa membelinya di toko-toko di Belgia dan kemudian membawanya ke Belanda dengan mobil. Tapi, awas, ada pemeriksaan di perbatasan.




Biasanya, tidak ada pemeriksaan apa-apa lagi di perbatasa Belanda dengan Belgia maupun Jerman. Tapi, khusus menjelang pergantian tahun, ada pemeriksaan khusus kembang api. Tidak hanya di perbatasan, pemeriksaan bisa saja dilakukan di jalanan terhadap kenderaan-kenderaan yang dicurigai membawa kembang api illegal atau dilaporkan oleh masyarakat membawa kembang api illegal.

Seperti berita yang dilansir oleh Nu.nl ini, sepasang suami istri ditangkap di jalan tol A4 Hoogerheide kemarin [Rabu 23/12] karena memiliki hampir 110 kg kembang api ilegal. Pasangan ini (26 dan 30 tahun) berasal dari Den Haag.

Karena jumlah kembang api yang mereka bawa kelewat besar, polisi juga melakukan penggeledahan di rumah mereka. Namun, kali ini, polisi tidak menemukan kembang api di sana.

“Kedua tersangka akan dibawa ke pengadilan,” demikian dilaporkan oleh Marsose (polisi tapal batas negara) hari ini [Kamis 24/12].



Leave a Reply