Sirulo TV: Kunjungan Wisata Meningkat Drastis Tapi Tak Beli

0
96

Fitri KaroFITRI KARO. BERASTAGI. Diperkirakan ada 5 kali lipat banyaknya wisatawan ke Berastagi hari ini [Kamis 24/12] dibandingkan-hari biasa. Perkiraan ini didasarkan pada perhitungan kasar atau jumalah orang-orang yang berbelanja di Pasar Buah (Tarum Ijuk) Berastagi.

Terlihat keramaian yang kira-kira 5 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.

Namun, para pedagang di Pasar Buah tidak sangat antusias atas keramaian ini.

pasar buah 4“Meski jauh lebih ramai di hari-hari biasa, tapi jumlah pembelian tidak sangat berbeda dengan hari-hari biasa,” kata seorang pedagang pakaian.

Dengan kata lain, keramaian Pasar Buah itu adalah indikai banyaknya orang “jalan-jalan” yang lebih menikmati visualitas barang dagangan daripada penggunaan/ konsumsinya. Ini juga mengindikasikan bahwa keuntungan lebih banyak diperoleh oleh para pengusaha penginapan (hotel) daripada pedagang tradisional.


Menurut pengamatan Sora Sirulo, banyak wisatawan yang mengunjungi Berastagi hari ini adalah dari Malaysia dan Aceh selain para wisatawan dari Medan sekitarnya seperti biasanya. Kedatangan mereka sepertinya untuk menghabiskan hari libur saja. Berbeda dengan para wisatawan dari Medan yang banyak menginap di Berastagi untuk mengikuti berbagai acara hiburan Natal yang ditawarkan oleh hotel-hotel besar.

Adapun orang-orang Tionghoa dari Medan umumnya berusaha menghindarkan kemungkinan-kemungkinan yang tidak diingini terjadi di Medan (misalnya terrorisme) selama perayaan Natal sambil menikmati hiburan-hiburan yang ditawarkan oleh hotel dimana mereka menginap. Mereka tampaknya lebih banyak menghabiskan waktu di dalam hotel karena tidak begitu banyak kelihatan di Pasar Buah.





Leave a Reply