Sirulo TV: GAIRAH PASAR BUAH MALAM INI

0
235

Fitri KaroFITRI KARO. BERASTAGI. Hari Natal ini ditandai oleh banyaknya wisatawan yang berlibur ke kota wisata Berastagi. Ada yang menginap semalam di sini dan ada juga yang sebentar lagi turun malam ke Medan.

Perbedaan antara yang menginap malam ini di Berastagi dengan yang akan turun malam ke Medan terlihat sedikit dari belanjaan mereka di Pasar Buah Berastagi. Pasar ini disebut Pasar Buah atau Pajak Buah oleh orang-orang Karo tapi juga menjual berbagai jenis sayur. Selain buah-buahan dan sayur-sayuran, di bagian luar dari pasar ini dapat juga ditemukan kios-kios penjual pakaian dan souvenir.

pasar buah 6Orang-orang yang masih menginap semalam di Berastagi belum akan membeli sayuraan, melainkan hanya buah-buahan untuk dimakan malam ini dan esok harinya di hotel. Sedangkan para pembeli sayuran kemungkinan besar akan menyusuri jalan menurun pegunungan malam ini.

Membeli sayuran di Pasar Buah Berastagi berindikasi oleh-oleh untuk dibawa ke Medan. Juga, membeli sayuran di Berastagi tentu jauh lebih segar daripada sayuran yang ada di Medan karena kedekatan pasar ini dengan daerah pertanian sayur terbesar di Pulau Sumatra ini.

Sebagian besar wisatawan yang berbelanja di Pasar Buah ini datang dari Medan. Dalam jumlah yang besar adalah orang-orang Tionghoa.




Dari pengamatan Sora Sirulo malam ini, kebanyak yang laku adalah buah-buahan dan sayuran. Adapun pakaian dan souvenir lakunya tidak sebanyak buah-buahan dan sayur-sayuran. Para wisatawan yang kebanyakan dari Medan menyempatkan diri memperoleh buah dan sayur segar di daerahnya sendiri, yaitu Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung) yang biasa disebut juga oleh orang-orang Karo Taneh Karo Simalem (Tanah Karo yang sejuk dan nyaman) dengan membandingkan Dataran Rendah Karo (Karo Jahe) seperti halnya Medan, Deli Hulu, Langkat Hulu dan Binjai sebagai Taneh Karo Singisah Mokup (Tanah Karo yang berhawa gerah).

Video di bawah ini memperlihatkan suasana di luar Pasar Buah Berastagi.





Leave a Reply