Kaleidoskop Karo 2015 (Bagian 1: Januari – Maret)

0
84

Disusun oleh: Bastanta P. Sembiring

 

bastantaTahun 2015 merupakan tahun yang sulit sekaligus dapat juga dikatakan sebagai batu loncatan menuju tahun emas bagi Karo. Dalam kurun waktu setahun ini, eksistensi Karo dan Taneh Karo (sebutan untuk wilayah adat Karo) menglami loncatan besar. Pasalnya, Karo dengan realita dan dinamika wilayah dan masyarakatnya tak jarang tampil menjadi topik hangat pemberitaan media; baik lokal, nasional, regional maupun internasional.

Mulai dari bencana alam erupsi Sinabung yang telah dimulai beberapa tahun sebelumnya (Oktober 2010), kegiatan yang diadakan di Karo atau di luar Taneh Karo namun masih terkait dengan kekaroan, prestasi putera puteri Karo, hingga Pilkada serentak 2015 yang mana 3 daerah Karo seperti Kota Medan, Binjai, dan Kabupaten Karo turut di dalamnya. Secara umum, tahun ini gerakan Karo Bukan Batak (KBB) semakin terasa ke sendi-sendi kehidupan sehri-hari orang Karo, baik di perantauan maupun di daerah ulayat Karo (kuta kemulihen).

Kesemua kejadian ini tentunya memberi efek sangat besar bagi eksistensi Karo dan Taneh Karo yang oleh Sora Sirulo akan di rangkum dalam ‘Kaleidoskop Karo 2015’ berikut ini.

Januari

31 Desember 2014 – 1 Januari 2015, Tahun Baru. Seperti biasa Dataran Tinggi Karo menjadi tujuan utama liburan akhir dan awal tahun, khususnya bagi warga Sumatera Utara. Mulai dari destinasi di Taneh Karo, budaya Karo, hingga kemacetan lalu lintas menjadi sorotan banyak media, khusunya lagi media-media lokal di Sumatera Utara.

sinabung 6
Akibat letusan Gunung Sinabung pad 3 Jnuari 2015

2 Januari 2015. Lubang sedalam 6 meter dan dengan diameter 4 meter mendadak muncul di Kuta Nangka (Kecamata Taneh Pinem, Kabupaten Dairi), tepat di samping sebelah kiri gedung gereja GBKP Kuta Nangka.

3 Januari 2015. Sinabung kembali erupsi untuk pertama kalinya di tahun 2015. Erupsi yang terjadi sekitar Pukul 06.00 wib.

9 Januari 2015. Bertempat di Ruang Sidang FIS Unimed, seminar yang berthema ‘Telaah Mitos dan Sejarah Dalam Asal Usul Orang Batak’ diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Medan (Unimed) yang menghadirkan 3 narasumber, yakni Dr. Uli Kozok (Universitas Hawai), Prof. Dr. Bungaran Simanjuntak (Unimed), dan drs. Ketut Wiranyana MA (Balar Medan).

22 Januari 2015. Persatuan Catur Karo – Sumatera Utara (PERCAKA – SU) resmi dideklarasikan. Acara yang diadakan di Wisma Deli Persada, Jl. Kesehatan, Delitua.

27 Januari 2015. Sekelompok hacker yang menamai dirinya ‘Lizard Squad’ mengklaim merekalah yang mengakibatkan gangguan terhadap jaringan facebook [Selasa 27/1] yang terjadi di kawasan Asia, Australia, Amerika, dan Eropa. Namun 40 menit kemudian, pihak facebook sendiri mengklaim sudah dapat mengatasi gangguan ini dan jaringan facebook pun kembali normal seperti biasa.

31 Januari 2015. Bertempat di Convention Hall Kampus I, Universitas Medan Area(UMA), PKM (Pemuda Karo Medan) mengadakan Pelatihan Karakter (Character Building Training) yang diadakan selama 2 hari (Jumat 30/1 – Sabtu 31/1). Pelatihan yang diikuti 30 Pemuda/ Pemudi Karo dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Medan ini bertujuan untuk membentuk generasi muda Karo yang berkualitas dan berkarakter teguh. Kegiatan ini turut menghadirkan instruktur tunggal dra. Herlina beru Surbakti MA yang telah berpengalaman di dalam dan luar negeri.

Februari

7 Februari 2015. Perayaan Natal bersama masyarakat perantau asal Pernantin dan Sekitarnya di Bekasi.

12 Februari 2015. Pendiri dan Ketua Umum PERCAKA-SU, Andreas Barus memberikan mandat kepada Gema Kristo Tarigan dan Alexander Firdaus Sembiring untuk membentuk dan melaksanakan tugas kepengurusan Persatuan Catur Karo (PERCAKA) di Kota Medan.

14 Februari 2015. Bupati Kabupaten Karo Terkelin Berahmana mencanangkan Gerakan Hijau Lestari Desaku bersama Forum Masyarakat Peduli Lingkungan Kabupaten Karo yang dimulai dari Desa Pengambaten, Kecamatan Merek.

19 Februari 2015. Pelantikan pengurus ‘Persadan Tarigan Mergana ras Anakberuna’ di Pantai Marina, Batam.

20 Februari 2015. Pengukuhan kepengurusan DPD HMKI Sumut (Ketua: Ruben Tarigan, Sekretaris: Sudarto Purba, dan Bendahara: Ester Junita beru Ginting) oleh Ketua Umum HMKI Pusat Letjend (Pur) Amir Sembiring di Medan dan akan dilantik di Bulan Mei 2015.

21 Februari 2015. Pengurus Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) DPC HMKI Kabupaten Karo dilantik langsung oleh Ketua Umum HMKI, Letjend (Pur) Amir Sembiring di Hotel Orri, Berastagi.

22 Februari 2015. Aktivis yang tergabung dalam Koalisi Pro Indonesia (KPI) melakukan aksi pengumpulan koin, dengan puncaknya dilakukan penggalangan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta [Minggu 22/2]. Aksi yang merupakan buntut dari pernyataan PM Australia Tony Abbott yang digagas oleh KPI dengan inisiator Andi Sinulingga, seorang pria berdara Suku Karo asal Taneh Karo (Sumut) ini kemudian menjadi perbincangan hangat di media sosial dengan tagar #KoinuntukAustralia dan mendapat banyak apresiasi masyarakat Indonesia secara luas.

24 Februari 2015. PERCAKA Kota Medan meluncurkan video pertama tutorial Catur Karo di YouTube, berjudul “Pengenalan Dasar Catur Karo”

27 Februari 2015. Peletakan batu pertama Menara ‘125 Tahun Injil Masuk ke Taneh Karo.




Maret

1 Maret 2015. Masyarakat Karo dan pecinta budaya Karo  yang terhubung di media sosial sejak awal Maret gencar mengupload foto memakai uis Karo. Gerakan spontanitas di media sosial yang diidentifikasi dengan gerakan “beka buluhku” ini  awalnya dilakukan para member grup facebook JMS (Jamburta Merga Silima) yang kemudian menyebar ke grup-grup facebook lainnya dan media sosial lainya.

5 Maret 2015. Desa Berastepu luluh lantak oleh erupsi Sinabun dalam 8 kali erupsi [Kamis 5/3] dengan luncuran awan panas sejauh 2.000 – 4.500 meter dari kawah dan dengan ketinggian kolom asap mencapai 3.000 meter.

5 Maret 2015. Rombongan Keluarga Besar Karo Institut Teknologi Bandung (KBK ITB) dan Rombongan Pemkab Karo mengunjungi Gedung DPR RI, Senayan (Jakarta) dalam rangka memberi laporan kondisi terkini Kabupaten Karo pasca erupsi Sinabung. Rombongan diterima langsung oleh Ketua DPR Setya Novanto yang didampingi Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

7 Maret 2015. PERCAKA Kota Medan meluncurkan video tutorial Catur Karo ke dua berjudul “Peraturan dan Pergerakan Buah Catur Karo”

10 Maret 2015. Konfercab PDI Perjuangan Sumatera Utara diadakan di Asrama Haji Medan. Salah satu keputusan Konfercab adalah terpilihnya Ralin Sinulingga sebagai Ketua DPC PDI – Perjuangan Kabupaten Langkat.

13 – 15 Maret 2015. Alberus Andika Bangun berhasil menyabet 2 mendali perak dalam even 46th Singapore National Age Group Swimming Championship kelompok junior di OCBC Aquatic Centre, Singapore.

14 Maret 2015. Focus Discussion Group untuk peningkatan layanan publik di Kabupaten Karo melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diadakan di Aula Kantor Bupati Karo atas prakarsa Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Pusat.

18 Maret 2015. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karo. Kunjungan Mensos ke Kabupaten Karo ini juga berkaitan dengan pemantauan proyek pembangunan pemukiman korban erupsi Sinabung di lahan relokasi Siosar (Kecamatan Merek).

20 Maret 2015. PERCAKA Kota Medan  mengadakan sosialisasi Catur Karo di Kampus AMIK  MBP Medan.

BERSAMBUNG




Leave a Reply