Kolom M.U. Ginting: SOLUSI

0
103

M.U. GINTING 3Menteri ESDM Sudirman Said (SS) telah banyak bikin ’huru-hara’ belakangan ini. Bagusnya bagi publik ialah kalau SS kemukakan semua persoalan di atas meja.

“Yang menjadi isu sekarang karena memang belum pernah ada, tentu saja menimbulkan tanda tanya segala macam. Tidak apa-apa, ini diskusi yang sehat, yang penting saya selalu mengatakan ‘ayo orientasinya solusi’, ‘ayo mencari solusi’,” kata SS.

Ini pedoman bagus untuk cari solusi ilmiah. Selanjutnya ialah pelaksanaan secepat mungkin, setelah dapat kesimpulan yang lebih diyakini, supaya tidak hanya diskusi saja. Sudah setahun kabinet kerja ini, dan kerjanya itu yang harus ditunjukkan oleh semua menteri. 

solusiBanyak desa masih gelap. Terangi dulu beberapa desa, jadi bukti. Menteri desa sudah menunjukkan kerjanya juga, yang pada pokoknya bernilai bagus juga. Menteri laut sudah tenggelamkan banyak kapal pencuri ikan, sekarang tinggal nunjukkan berapa hasilnya dari situ, karena menenggelamkan kapal jauh lebih mudah. Kelihantannya memang pencurian ikan berkurang.

Menteri perhubungan usahakan kelancaran transportasi, masih belum terlihat jelas hasilnya. Tapi dia berusaha. Satu direkturnya mundur karena gagal. Ini nunjukkan kejujuran, contoh revolusi mental. Bagus juga.




Menteri BUMN kelihatan Neolibnya karena perpanjangan kontrak JICT pelabuhan tanpa keterbukaan. Belum ada dialog/ diskusi di atas meja dari pihak menteri. Tanpa keterbukaan adalah salah satu ciri penting Neolib. 

Memang sebagian orang juga mencurigai SS Neolib, tetapi sifat keterbukaan SS bertentangan dengan kebiasaan Neolib. Selama dia menaruh soal di atas meja selama itu tak perlu dicurigai.

 

Ayo kerja!

Itu saja pedoman paling bagus bagi semua menteri. Kerja, solusi, kerja, solusi . . .

Kerja dan Revolusi Mental, keduanya saling menghidupkan. Tanpa Revolusi Mental artinya tanpa perubahan di kepala lebih dulu. Orang seperti ini tak akan mau bekerja apalagi memikirkan solusi. Juga tanpa kerja bagaimana mengubah isi kepala itu?




Leave a Reply