Berita Foto: Perawatan Jiwa Berproduksi Organik

1
148

 organik

Oleh: dr. Lahargo Kembaren SpKJ (psikiater) (Bogor)

 

Lahargo KembarenPerkebunan sebagai salah satu latihan kerja di Instalasi Rehabilitasi Psikologi Rsmm, RS Jiwa Marzoeki Mahdi (Bogor). Produk yang dihasilkan adalah bayam dan kangkung organik yang segar.

organik 3Para rehabilitan dengan gembira memanen hasil kerja mereka. “Hati yang gembira adalah obat”. Fungsional dan produktif adalah target dari suatu program rehabilitasi psikososial bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

When ‘I’ replace by ‘We’ even illness become wellness. Bersama kita bisa! Disability is where we start, Recovery is our destination and Rehabilitation is the road. Impossible –> I’mPossible! (LaKe).




1 COMMENT

  1. “Hati yang gembira adalah obat”, berita menggembirakan yang sering tak dihiraukan oleh banyak orang. Kegembiraan dan kesedihan atau kekusutan hati, keduanya mempengaruhi susunan dan reaksi kimia yang ada daam tubuh manusia. Karena itu pastilah kegembiraan adalah obat tak perlu diragukan, pastilah juga ilmiah.

    When ‘I’ replace by ‘We’ even illness become wellness. Ini juga satu berita yang luar biasa arti praktisnya bagi kesehatan. Hanya saja seperti diatas terlalu sering kita tak menghiraukannya.
    Bujur pak dokter LK.
    Saya sering menghubungkan orang-orang eropah yang ‘suka’ hidup sendirian . . . dibandingkan dengan suka bersama di negeri kita.

    MUG

Leave a Reply