Makanan Kepunyaan Orang Karo (Bagian 2)

0
241

Maria Timmen Surbakti

 

Oleh: Maria Timmen Surbakti

 

Gulai Kuta-kuta

Biasa bahannya ayam kampung, selalu ada pada acara adat. Paling kuat rasa dari gulai ini adalah gurih santan ditambah rasa asam cekala yang memperkuat semua paduan bumbu pada kuahnya. Buah honje, daun prei, juga serai geprek yang disimpul membuat wangi masakan ini.

Ketika tercium pasti membuat perut lekas keroncongan dan tidak sabar ingin melahapnya. Kentang rebusnya yang lembut terasa lengkap dimakan dengan nasi. Kuah santan yang menyerap dalam daging ayam dan kentang juga enak dimakan tanpa atau dengan nasi. Lengkuas dan kunyitnya yang telah menjadi sari dalam kuahnya yang kuning menambah semarak rasanya.

makanan

Cipera

Cipera merupakan masakan khas Karo yang terbuat dari potongan ayam kampung termasuk leher (kerahung), sayap (kabeng), kaki (ceker), hati (ate), ampela (bilalang).

makanan 2Dimasak dengan tepung jagung sampai empuk dan berkuah kental. Tepung jagungnya harus dari bulir tua jagung, agar menghasilkan kuah yang kental. Rasanya pedas cuma tidak begitu pedas tergantung selera, pedas yang lembut, ditambah ada sensasi asam sedikit dari bumbu asam cekala/ buah kecombrang.

Ayam ini sangat lunak. Ada tambahan jamur merang. Bila dicampur nasi menambah rasa manis dan gurih ayam dengan perpaduan asam dan pedas tadi menyempurnakan kenikmatan sajian ini.




Pagit-pagit (Terites)

Masakan yang satu ini biasanya dihidangkan pada acara-acara tertentu saja seperti acara syukuran panen raya. Bahan utama berasal dari rumput di dalam lambung sapi. Rumput ini diperas beberapa kali memakai kain sebagai saringan dan kemudian airnya dimasak untuk dihasilkan kaldu.

makanan 3
Sumber foto: www.coklatkita.com

Agar bau amis hilang dimasukkan kulit pohon cingkam dan susu segar. Babat lembu atau kambing, jeroan, tulang, kikil, sayurnya daun ubi, rimbang, semua menjadi pelengkap yang wajib pada masakan Pagit-pagit/ Terites.

Serai, jahe, dan asam yang cukup agar tidak amis, diberi daun jeruk agar wangi. Sumsum tulangnya saat dimakan terasa sangat lembut dan kuahnya yang kaya rasa membuat lidah bergoyang dan pasti ketagihan. Daging lembu atau kambingnya digigit terasa legit, ditambah lagi resapan bumbu serai, kunyit, kelapa dan jahe serta cabenya yang terserap menyatu pada  daging.

Bumbu rempah yang beraneka ragam dari kunyit, bawang, asam cekala dan asam rias,  sedikit tomat, rimbang, sangat lengkap. Setelah dipadukan dengan nasi putih, semua dimakan dalam sajian hangat, sempurna rasanya.

BERSAMBUNG




Leave a Reply