Makanan Kepunyaan Orang Karo (Bagian 3)

0
432

Maria Timmen Surbakti

 

Oleh: Maria Timmen Surbakti

 

 

Tasak Telu  (Tasak Tiga)

Terdiri dari  daging ayam rebus yang dicampur dengan berbagai bumbu. Air rebusannya disisihkan dan disajikan sebagai kuah atau sup. Ayam rebusnya  termasuk jeroannya dipotong-potong untuk disajikan.

kuliner
Sumber foto: Cookpad

Ayam rebus ini dapat dimasak  sebentar dengan darah ayam. Bagian tulang-tulangnya dimasak lagi dengan sebagian kuah dan dicampur dengan cipera. Kuahnya kental dan gurih, kuah ini adalah toping yang akan disiramkan di atas daging.

Cincang sayur yang diurap kelapa bumbu menjadi pelengkapnya. Berisi berbagai sayur rebus, kacang panjang, batang pisang, jantung pisang, daun pepaya, daun singkong,  dan tauge.  Rasa getah darahnya sangat kencang karena paduan bumbu cabe dengan air jeruk nipis serta daun jeruknya. Pedasnya membuat selera makan menggebu-gebu.

Biasa dimakan dengan lemang bamboo atau rires, rasanya benar-benar luar biasa.

 

Sambal Tempoyak Teri (Sambal Jeruk)

Tempoyak bahan baku dari durian dipilih yang sudah masak, biasanya yang sudah nampak berair. Kemudian daging durian diambil lalu diberi sedikit garam. Digunakan cabe rawit untuk mempercepat proses fermentasinya. Hanya tidak perlu lama supaya rasanya tetap ada.

kuliner 2

Jeruk dalam bahasa Karo bukanlah buah jeruk yang disebut rimo atau rimau dalam bahasa Karo, tapi kepada daging durian yang telah difermentasikan ini. Boleh juga menyebutnya durian chutney dalam bahasa Inggris.

Adonan disimpan tertutup rapat. Disimpan sekitar 4-5 hari. Selain teri sesuai kreasi bisa dipadukan juga dengan ikan mas atau mujahir. Rasa pedas tentu dari ulekan cabenya apalagi ditambah asam durian yang sangat khas memperkuat semua rasa dari dalam bumbu-bumbunya. Gurih dan manis ditambah krenyes ikan teri goring. Dilahap mungkin tidak cukup dengan sepiring nasi saja. Sangat cocok dijadikan bekal rantangan untuk ke ladang dan disajikan bersama potongan rebusan labu siam.

Jika ingin menambah paduan rasa lagi dengan menambahkan petai. Petainya akan terasa padat saat digigit menyatu dengan pedas sambal.





 

Arsik Karo

Arsik sebenarnya adalah masakan Batak yang diserap oleh orang-orang Karo akhir-akhir ini tapi menghasilkn sebuah variant baru yang disebut arsik Karo untuk membedakannya dengan arsik yang dibuat oleh orang-orang Batak.

kuliner 3Arsik adalah merupakan cara memasak ikan yang dikuningkan. Caranya tidak jauh verneda seperti membuat gulai. Sayurnya bisa dari kacang panjang, kacang koro, atau terong hijau. Sajiannya berwarna kuning dan mengandung santan. Pasti sangat gurih rasanya.

Daging ikan mas lembut karena sudah direbus dalam air panas sampai mulai mengering. Pasangannya tentu sepiring nasi lebih lengkap lagi rasa pedasnya dicampur dengan sayur pahit. Sensasi rasanya luar biasa. Kuahnya bisa disisihkan sedikit saat sebelum kering dimasak. Kuahnya untuk sentuhan sedikit toping nasi agar sedikit basah saat dimakan.

Sensasi lembut dan gurih dari kunyit, kemiri, santan, berpadu. Tak lupa bumbu Karo yang tidak selalu ada pada suku-suku lain seperti asam dan buah cekala. Rempah yang ada seperti laos, bawang, jahe, kemiri, semua melengkapi racikan bumbu untuk makanan satu ini. Tidak heran rasanya tidak pernah membosankan.




Leave a Reply