Pendaki Sibayak Membludak Malam Ini

0
177

SADA ARIH 5SADA ARIH SINULINGGA. BERASTAGI. Berastagi cerah malam ini [Sabtu 9/1]. Terlihat banyak sekali orang hendak mendaki Gunungapi Sibayak.

Sedikit berbeda kelihatannya malam ini di depan Hotel Ginsata, Tugu Perjuangan (Berastagi). Telah berjejer puluhan mobil angkutan merk Kama menunggu para penumpang yang pada umumnya anak muda untuk melakukan pendakian ke Gunungapi Sibayak melalui Rute Jaranguda yang dikenal sebagai Rute Sibayak 2, selain Rute Raja Berneh/ Semangat Gunung.

Penampakan seperti ini memang hal yang biasa terjadi di setiap Malam Minggu dan hari libur. Namun, malam ini kelihatan lumayan membludak. Disinyalir karena cuaca di Kota Medan dan Berastagi sepanjang hari ini cerah.

Pantauan Sora Sirulo di sekitar trotoar Hotel Ginsata Berastagi, puluhan anak muda bergerombol turun dari atap bus yang membawa mereka dari Medan. Dengn sibayakmembawa peralatan tas, ransel dan gitar, mereka langsung menaiki mobil angkutan Kama secara berombongan.

Informasi yang didapatkan dari Sutrisno Barus, seorang pemandu wisata yang selalu membawa turis asing ke puncak Gunungapi Sibayak, Jalur Sibayak 2 Jaranguda dapat ditempuh dengan mobil mendekati puncak. Di sana, tersedia lapangan parkir dan beberapa warung yang buka. Ada yang menetap tinggal di sana. Jadi, ini juga menjadi daya minat pengunjung namun masih perlu diperhatikan ada ditempatkan petugas keamanan baik dari Polri maupun petugas penjaga gunung secara tetap dan perlu menjaga kebersihan.

Pantauan Sora Sirulo, memang belum ada petugas keamanan yang ditugaskan. Selain itu, mungkin perlu diangkat juru kunci atau penjaga gunung seperti Mbah Marijan almarhum di Gunung Merapi (Jawa Tengah) sehingga, apabila cuaca buruk atau erupsi yang mengkhawatirkan, dapat segera pendaki Gunung Sibayak diminta turun dan yang hendak naik gunung dapat dicegah.

Keselamatan pendaki Gunung yang hampir ribuan orang jumlahnya ini perlu dijaga atau diantisipasi agar jangan sampai ada korban nantinya.








Leave a Reply