Berastagi Aman, Turis Eropah Mulai Datang

0
177

Sada Arih SinulinggaSADA ARIH SINULINGGA. BERASTAGI. Walaupun erupsi Gunung Sinabung saat ini belum berhenti, tampaknya wisatawan asing dari Eropah sudah mulai berdatangan mengunjungi Kota Wisata Berastagi.

Berastagi aman sebenarnya untuk dikunjungi, mengingat jarak Sinabung dengan kota ini sekitar 13-15 Km dan letaknya di atas alur sungai atau di atas lembah yang mengalirkan muntahan erupsi Sinabung. Tidak mungkin tidak aman bagi keselamatan para turis kecuali terkena hujan abu vulkanik saja yang memungkinkan sampai ke Berastagi.

Ketika Sora Sirulo tanyakan kepada Hasron Rangkuti [Minggu 10/1], seorang pemandu wisata yang tinggal di Kota Medan dan sedang membawa serombongan berastagi 19turis dari Eropah Timur, menurutnya, para turis suka dengan keindahan alam Berastagi. Kesejukan udaranya merupakan primadona yang tidak dimiliki daerah lainnya.

Para turis umumnya setelah sampai di Kota Medan ingin ke Berastagi. Kota ini sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu tujuan wisata di Sumatera Utara .Ketika ditanyakan apa keluhan para turis, Hasron menuturkan bahwa Kebersihan masih menjadi salah satu hal yang kurang. Sampah-sampah masih terlihat dibuang sembarangan.

Hal yang sama disampaikan Sutrisno Barus, seorang pemandu wisata yang bermukim di Berastagi pada lain kesempatan kepada Sora Sirulo. Sutrisno menuturkan, jika Pemkab Karo menata Kota Berastagi dengan baik, yang bersih, menurutnya turis asing akan semakin banyak berkunjung dan betah tinggal lama-lama di Berastagi.




“Terlalu sedikit objek wisata yang dikelola dengan benar sehingga umumnya paling lama 2 hari mereka menginap di Berastagi,” ujar Sutrisno.

Demikian juga halnya dengan alur Sungai Lau Borus sebagai tempat aliran muntahan erupsi Sinabung. Ini bisa dijadikan objek wisata  yang menarik. Seputar Lingkar Sinabung yang saat ini rusak dan tidak memungkinkan untuk ditanami lagi namun jika dikelola ke depannya sangat banyak bisa menjadi objek wisata baru di Kabupaten Karo.

Sutrisno Barus dan Hasron Rangkuti sepakat jika mulai bulan Januari ini banyak turis asing akan berdatangan. Oleh karena itu, saatnya kita berbenah. Jangan pula terjadi tamu sudah berdatangan tapi rumah belum disapu.




Leave a Reply