Kampung Zaman Perunggu Ditemukan di Inggris

0
145
arkeologi 2
Sumber: http://www.telegraph.co.uk/news/earth/environment/archaeology/12093895/

LORETA KARO SEKALI. CAMBRIDGE. Sekelompok arkeolog menemukan sesuatu yang sangat unik di bagian Timur Inggris, yaitu sisa-sisa dari sebuah desa yang dibangun dan ditempati oleh mnusia sekitar 3 ribu tahun lalu.

Menurut para arkeolog itu, penemuan ini akan memberikan wawasan yang lebih baik tentang kehidupan di Zaman Perunggu secara umum. Bentuk bangunan sekelompok rumah yang terbuat dari kayu serta tengkorak manusia, wadah, perhiasan dan senjata menurut Skynews ditemukan di sebuah tempat penambangan batu di daerah Cambridgeshire.



Rumah-rumah dibangun pada tiang-tiang di atas sungai. Pada survei awal, para peneliti menduga perkampungan itu dimusnahkan oleh api dan, suatu saat setelah itu, muncul sungai di pertambangan itu. Lumpur yang terdapat di dasar sungai mengawetkan benda-benda purba kala (artefak) itu. Diperkirakan benda-benda itu dipergunakan di jaman 1.000 SM.

“Ini mungkin adalah peninggalan Zaman Perunggu yang terbaik pernah ditemukan di Inggris,” kata pemimpin penggalian arkeologi itu.

Karena itu pula, kelompok arkeolog itu menjuluki penemuan mereka ‘British Pompeii’, meniru istilah pompeii dari Italy untuk kota tua yang ditemukan di Italia yang terawetkan oleh lava dari letusan gunung berapi.

Untuk berita yang lebih luas dan mendalam, silahkan baca di SINI.









Leave a Reply