Menjelang Imlek di Surabaya

1
176

ita 2ITA APULINA TARIGAN. SURABAYA. Tahun Baru Imlek 2016 ini akan jatuh pada tanggal 8 Februari. Di pusat-pusat perbelanjaan, nuansa merah dan ornamen Imlek sudah mulai dipasang. Kegiatan-kegiatan terkait Tahun Baru ini juga sudah banyak diselenggarakan.

Seperti yang terlihat di ITC Surabaya. Pusat perbelanjaan grosir pakaian dan kain terbesar di Surabaya ini tidak ketinggalan menyambut Tahun Baru Imlek 2566. Seperti terlihat di Lower Ground bangunan ini berlangsung, bazaar kuliner, pakaian, otomotif dan lomba menyanyi karaoke lagu-lagu Mandarin.

imlek 3Perlombaan itu semakin menarik karena umumnya pesertanya adalah orang-orang lanjut usia. Mereka berpakain rapi, bersiap untuk tampil di panggung. Terlihat lutut mereka bergoyang ketika maju ke panggung, tapi sungguh para penonton terkesima, ketika mereka mulai bernyanyi suara mereka tidak menggambarkan tubuh yang renta.

Suara-suara yang merdu silih berganti berkumandang, para penonton yang duduk di depan panggung dan peserta bertepuktangan dan bergoyang mengikuti irama. Banyak penonton yang bukan warga Tiong Hoa, tetapi sangat menikmati kontes karaoke para Manula itu. Sedikitpun mereka tidak paham syair lagu yang dinyanyikan.

“Senang saja melihatnya, lagunya enak,” kata seorang ibu setengah baya, salah seorang pengunjung yang singgah melihat panggung bazaar Imlek itu.








1 COMMENT

  1. “Banyak penonton yang bukan warga Tiong Hoa,”
    Saya teringat dulu, kita hanya melihat dari jauh kalau ada pesta Tionghoa di Medan. Tetapi sekarang kelihatannya penduduk pribumi juga bisa menikmati. Jaman berubah atau sikap kita menghadapi berbagai kultur berubah?

    MUG

Leave a Reply