Keindahan Danau Toba dari Deleng Sipiso-piso

0
149

Laporan: Metra Novrianus Ginting (Kabanjahe)

 

Metra Novrianus GintingSungguh luar biasa ciptaan Tuhan. Keindahan panaroma Danau Toba dipandang dari puncak Deleng (Baca:Gunung, Karo) Sipiso-piso yang berada di Desa Situnggaling, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo (Sumatera Utara). Dari puncak Deleng Sipiso-piso kita dapat melihat Pulau Samosir, meskipun Pulau Samosir yang tadinya kelihatan jelas bisa saja tiba-tiba memudar karna puncak Sipiso-piso bisa tiba-tiba ditutupi kabut tebal.

Di puncak deleng kita akan berjumpa bangunan yang menjadi ciri khas Suku Karo. Di setiap Objek Wisata Karo kita pasti menjumpainya, yaitu bangunan beratap 4 sisi atau menggambarkan rumah adat Karo Si Empat Ayo (ayo= muka, wajah). Selain itu, di puncak Deleng Sipiso-piso kita juga menemukan suatu batu tanda perbatasan Kabupaten Karo dengan Kabupaten Simalungun.

Menurut penduduk setempat, Jandry Simarmata, di Deleng Sipiso-piso juga sering ditumbuhi tumbuhan-tumbuhan langka, karna Deleng Sipiso-piso masih memiliki ekositem hutan yang masih terjaga.

“Sekarang ini lagi ada tumbuh bunga cobra,” katanya.

sipiso-piso 2Bunga cobra menurut Dinas Kehutanan yang ada di sana adalah bunga yang sekali setahun baru mekar bunganya.

“Kita harus bangga dengan hal ini,” ujarnya.

Jandry menuturkan lebih lanjut, bunga itu tidak dapat disentuh. Tinggi bunga itu bisa mencapai 50 cm dan bunganya berwarna merah muda. Dia disebut bunga cobra karena kelopak bunga menyerupai ular cobra yang mau mematok.

“Di setiap malam Minggu, Deleng Sipiso-piso ramai pengunjung dari berbagai daerah. Sebagian besar dari Medan. Mereka berkemah di sini menunggu pagi hari dan menikmati panorama alam Danau Toba dari puncak deleng ini,”  tutur Simarmata mergana ini.





Rancangan Wisata

Warisan Bumi Kawasan Geopark Kaldera Toba, Lava Andesit Gunung Sipiso-piso, batuan Lava Andesit ini adalah jejak atau bukti energi akhir dari magma yang terdapat di bawah permukaan bumi mengalir ke permukaan membentuk kerucut Gunungapi Sipiso-piso, Peristiwa ini diperkirakan terjadi setelah proses pengangkatan Pulau Samosir (lebih muda dari Pulau Samosir). Gunung Sipiso piso terletak pada titik koordinat N 02 056’01.3”; E 098 032’53.7” dan ketinggian lebih dari 1464 dpl.

Dari puncak Deleng Sipiso-piso sudah direncanakan akan dibuat wisata paralayang, terjun bebas dari puncak Sipiso-piso menuju pinggiran Danau Toba, Tongging. Kita semua pasti menunggu realisasi wisata paralayang ini.

sipiso-piso 3Menurut Kasman Sembiring (Camat Naman Teran, Kabupaten Karo), Pemerhati Wisata Karo: “Paralayang ada di Gunung Sipiso-piso, tapi sekarang tidak intens lagi. Saya sudah terjun tandem bersama bang Anwar pelatih nasional pada tahun 1999 yang katanya terbaik di ASEAN. Sewaktu saya Camat Merdeka sudah ada team Paralayang mensurvei di Bukit Gundaling. Ia mengatakan OK, sudah di lihat tempat landing yang menghadap Gunung Sinabung. Tapi, sampai sekarang tidak ada kabar berita.”

Menanggapi itu, Dikson Pelawi Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Karo mengatakan: “Untuk kawasan Gundaling tim menilai kurang cocok. Sehingga akan dikembalikan di kawasan Tongging Great Out Door. Sudah ada 3 titik lokasi take off. 2 diantaranya sudah diuji coba. Tinggal tempat pendaratannya perlu dipebesar.”

Jika Anda ingin mengunjungi Deleng Sipiso-piso menggunakan transportasi umum dari Medan, anda dapat menggunakan bus jurusan Kabanjahe dengan waktu kurang lebih 2 jam. Kemudian, setelah sampai di Kabanjahe, perjalanan dilanjutkan dengan bus menuju Deleng Sipiso-piso. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 24 Km.




Leave a Reply