Terkelin Brahmana Hadiri Rakor Bencana di Jakarta

1
123

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. JAKARTA. “Pemkab Karo meminta antar lembaga dalam penanganan Erupsi Sinabung terus berkoordinasi dan berkomunikasi agar penanganannya bisa terlaksanana dengan baik,” demikian disampaikan Terkelin Brahmana pada Rapat Koordinasi (Rakor) ‘Evaluasi Percepatan Penanganan dan Pelaksanaan Rehabilitasi dan Rekontruksi Bencana Tsunami Mentawai, Banjir Bandang Manado dan Erupsi Sinabung’.

Rakor Penanganan Paska Bencana tersebut dipimpin oleh Direktur ‘Pemulihan dan Peningkatan Fisik’ Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Tetty Saragih, di Ruang Rapat Kemenko PMK Jakarta Jl. Medan Merdeka Barat No 3 Jakarta [Rabu 20/1].

Bupati Karo yang hadir didampingi Sekdakab Karo dan Plt Ka.BPBD juga menyampaikan banyaknya kendala penanganan Sinabung yang belum menemukan titik terang karena masih terbentur peraturan serta ijin dan koordinasi antar lembaga yang lemah selama ini. Seperti penyediaan lahan pertanian tahap pertama di Siosar. Ini belum bisa rampung karena adanya peraturan baru mengenai pengelolaan hasil hutan dengan sistim online.




Demikian juga tahap ke dua karena belum keluarnya ijin dari Kementerian Kehutanan mengenai pemanfaatan lahan hutan Siosar.

“Untuk itu, diharapkan kiranya lembaga lain seperti BNPB maupun Kemenko PMK agar menyurati Kementerian Lingkungan Hidup,” usul terkelin.

Di penghujung rapat, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi (Tetty Saragih) menyampaikan bahwa persiapan relokasi Tahap 2 segera ditindaklanjuti.

“Kemenko PMK juga akan memfasilitasi dengan kementerian terkait agar cepat terlaksana, baik relokasi Sinabung, relokasi Mentawai maupun Manado,” tandas Tetty.




1 COMMENT

  1. Bagus pak bupati. Pakai waktunya untuk kepentingan rakyat Karo dan terutama yang sekarang sangat menderita karena erupsi Sinabung.

    Semua rakyat Karo supaya ikut menggairahkan kesuksesan pemkap Karo dalam menanggulangi kesulitan/problem rakyat Karo.
    Keterbukaan dari penguasa akan melibatkan peranan publik dan menggairahkan publik untuk bersama menanggulangi problem Karo.

    Ayo Kerja! Saling mendorong antara penduduk dan pejabat, cari solusi yang paling mantap. Peranan kontrol masyarakat akan lebih canggih kalau semakin terbuka, persoalan diatas meja.

    MUG

Leave a Reply