MEMANDANG POSITIF

Oleh: Herli Sitepu (Cibubur)

 

herli sitepuKacamata anda baik atau buruk itu tergantung dari cara kita memandang. Masalah bisa menjadi buruk, tapi bisa juga menjadi baik. Lihat hal yang baik dengan cara pandang yang buruk, maka hal itu akan terlihat negatif. Sebaliknya, melihat hal yang buruk dengan cara pandang yng baik, secara mengejutkan kita akan melihat hal-hal yang positif.

Dean Black menceritakan 2 kisah nyata mengenai hal ini di dalam bukunya Frogship Perspective. Seorang pemain bola basket berbakat, ketika berusia 16 tahun, kehilangan kedua kakinya dalam sebuah kecelakaan. Ini hal yang buruk bagi Curt Brinkman, pebasket muda tersebut yang akhirnya menjadi atlet kursi roda terkenal.

Ia berkata: “Segera sesudah kecelakaan itu saya bangkit. Saya justru tidak tahu seperti apa kalau kaki saya masih ada.”

orangutan
Foto: Salmen Kembaren

Seorang pria setengah baya melihat kembali dari kebutaan matanya semenjak lahir. Lalu, seorang psikolog yang menanganianya berkomentar tentang mantan pria buta ini: “Waktu buta, dia hebat sekali, tapi waktu dia sembuh, prestasinya merosot drastis, bahkan seperti orang bodoh.”

Bagi kita, kehilangan kedua kaki adalah masalah besar, tapi bagi Curt Brinkman justru kunci kesuksesan. Bagi kita, mendapat kembali penglihatan adalah hadiah, tapi bagi pria tersebut menjadi masalah besar. Mengapa bisa demikian?

Ini bukan soal masalahnya, tapi soal bagaimana kita melihat sebuah masalah. Melihat hal yang baik dengan cara pandang yag buruk, maka hal itu akan terlihat sedemikian negatif. Sebaliknya, melihat hal yang buruk dengan cara pandang yang baik, maka kita akan melihat hal-hal yang positif.




Masalah apa yang saat ini sedang kita alami? Bagaimana cara kita memandang masalah tersebut? Tuhan selalu mengajar agar kita melihat segala masalah dari sudut pandang yang positif. Seperti orang yng memakai kacamata hitam, ia akan membuat obyek yang paling terangpun terlihat gelap.

Jika hari ini hidup kita terlihat begitu suram dan gelap untuk dijalani, jangan-jangan yang salah adalah kacamata kita. Lihatlah setiap masalah yang paling buruk sekalipun dengan kacamata positif. Bukalah kiranya matanya supaya ia melihat … (II Raja-raja 6:17).

Selamat hari Minggu, GBU.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.