Industri Kereta Api Indonesia Terbesar di ASEAN

0
215

ita 2ITA APULINA TARIGAN. SURABAYA. Jika suatu saat anda berjalan-jalan melintasi jalur kereta dari Singapura hingga ke Thailand, mungkin saja anda akan bertemu dengan gerbong kereta pengangkut sayuran dan buah yang diekspor oleh Negara Thailand ke Malaysia dan Singapura. Jangan kaget kalau kereta yang sedang melintas itu adalah buatan PT Inkai. Ketika anda menumpang MRT di Singapura jangan kaget juga kalau bantalan rel itu adalah keluaran PT INKAI (Industri Kereta Api).

Saat ini, di era kepemimpinan Jokowi, pemerintah sepertinya ngebut untuk merealisasikan transportasi publik yang aman, murah dan bisa menjangkau area pelayanan lebih luas. Salah satu bentuk transportasi publik yang murah, cepat dan praktis adalah kereta api. Kereta api dengan berbagai teknologinya kini semakin populer bagi masyarakat Indonesia.  KRL, Commuter, kereta api ekonomi, bisnis, eksekutif dan nama-nama kereta api dikenal baik oleh masyarakat.

inkai 2
Appoleus Karo-karo (Planning Production Control PT INKAI)

Di balik populernya jasa transportasi kereta api Indonesia, nyaris terlupakan bahwa Indonesia juga punya industri kereta api yang patut dibanggakan, yaitu PT INKAI. PT INKAI ini terletak di Madiun di kawasan seluas 22 ha. Sejak jaman kolonial, Madiun memang pusat perkeretapian Indonesia,  hingga kemudian diambil alih oleh pemerintah Indonesia.

Deretan prestasi yang ditorehkan PT INKAI tidak hanya sebatas sebagai penyedia dan pendukung PT KAI (Kereta Api Indonesia), tetapi juga mengekspor produk industri kereta api ini ke berbagai negara.

Seperti yang disampaikan oleh Appoleus Karo-karo, Planning Production Control PT INKAI kepada Sora Sirulo dalam sebuah bincang-bincang dengannya di Stasiun Gubeng, Surabaya [Sabtu 23/1], Inkai sudah mengekspor hasil produksinya ke berbagai negara; a.l. Singapura, Bangladesh, Malaysia, Thailand, dan Australia.




“Saat ini, INKAI adalah industri kereta api terbesar di ASEAN. Bukan hanya kereta atau gerbong saja yang kita ekspor, tapi juga spare part pendukung setiap produk kita,” jelasnya.

Appoleus juga menjelaskan bahwa teknologi kereta api Indonesia seiring dengan perkembangan jaman.

inkai 3
Kereta api di Singapura

“Di jaman kolonial, bisa dikatakan teknologi kereta api Indonesia sangat Eropah minded. Berkelas, material kelas 1 dan mahal. Sekarang sudah ada peralihan. Bisa dikatakan, teknologi perkeretaapian kita cenderung ke Jepang, efisien atau tepat guna,” katanya.

Filosofi efiesien teknologi Jepang ini rupanya sudah membudaya di masyarakat Indonesia dan mempengaruhi masyarakat di dalam memilih peralatan atau teknologi yang mereka gunakan untuk kebutuhan masing-masing. Apoleus mencontohkan mobil Suzuki Carry yang banyak dipakai di tahun 1980-an oleh masyarakat Karo.

“Jujur saja, banyak orang melihat mobil itu kurang bagus tampilannya, bodynya juga tidak begitu kokoh. Tetapi, di balik penampilannya yang kurang menarik, mobil ini sangat efisien dari segi bahan bakar dan bisa memuat banyak orang atau barang. Spare partnya juga mudah didapat dan terjangkau. Dengan biaya murah masyarakat bisa memobilisasi pupuk atau hasil panen dengan mobil sederhana itu. Demikian juga dengan kereta api yang diproduksi PT INKAI efesien sesuai dengan peruntukannya,” paparnya.




Leave a Reply