Bikin Lontong di Nederland

Oleh: Sri Fon (Krimpen, Nederland)

Sri FonMau berbagi pengalaman bikin lontong tanpa plastik, tanpa daun. Aku pernah baca di internet cara membuat lontong praktis dengan beras pera yang dimasak di rice cooker. Tadi nyoba dengan beras basmati dari Lidl. Menurut kami basmati Lidl ini enak rasanya.

Ketika aku bikin lontong ternyata berhasil. Empuk, padat dan kenyal. Horeeee…. Mungkin lain kali aku tambahi daun pandan supaya harum.

Pernah aku nyoba pake beras Jasmine, ternyata gagal. Hasilnya cuma lembek tapi ngga bisa padat kayak lontong. Mungkin terlalu pulen kali ya.




Caranya: 1 cup beras basmati ditambah dengan 3 1/3 cups air. Patokannya 3 cups beras ditambah 10 cups air. Jadi kalau 1 cup beras, airnya ya cuma 3 1/3 cups. Masak dengan rice cooker. Ketika sudah matang, biarkan paling engga 10 menit. Kemudian matikan rice cooker. Langsung aduk nasi tersebut dengan centong. Setelah itu masukkan ke wadah.

Aku pakai tupperware. Pake mangkok juga bisa. Padatkan dan biarkan dingin. Setelah dingin, bisa dipotong-potong sesuai selera.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.