Pasir Mbelang Pemasok Terbesar Pepaya dan Pisang

0
185

Teger MamanaTEGER MAMANA. TANEH PINEM. Pasir Mbelang adalah salah satu desa Karo (kuta) di Kecamatan Taneh Pinem (Kabupaten Dairi). Desa ini dimekarkan dari kmpung induknya Desa Pamah.

Pasir Mbelang adalah salah satu lumbung jagung Kecamatan Taneh Pinem. Penduduk mulai menanam jagung sejak pohon kembiri yan mereka tanam dalam gerakan penghijauan yang digerakkan oleh Departemen Kehutanan di masa lalu telah menjadi terlalu tua untuk untuk berprdouksi. Mereka menebang pohon kemiri dan menjualnya untuk dijadikan papan.

Selanjutnya, mereka mengalihkan lahan mereka ke tanaman jagung hingga menjadi salah satu lumbung jagung Kecamatan Taneh Pinem.

pasir mbelang
Desa Pasir Mbelang (Kecamatan Taneh Pinem, Kabupaten Dairi)

Selain jagung, penduduk juga mengembangkan secara luas tanaman pepaya (mbertik) dan pisang (galoh). Seperti halnya jagung, Pasir Mbelang menjadi salah satu pemasok pepaya dan pisang yang terbesar dari Kecamatan Taneh Pinem. Kam boleh tahu, pepaya dan pisang yang dipasarkan di Medan sebagian besar berasal dari Pasir Mbelang.

Dulunya memang pepaya dan pisang kebanyakan dipasok dari kampung-kampung lama Suku Karo di pinggiran Kota Medan dan Deli Hulu, seperti halnya di daerah sekitar Tuntungan hingga ke Tandakbenua. Akan tetapi, sekarang, derah ini telah digantikan oleh Pasir Mbelang sejak pepaya dan pisang menurun produksinya di daerah Karo Hilir ini (Karo Jahe).

Setiap harinya ada 10 mobil pickup L300 yang mengkut pepaya dan pisang dari Pasir Mbelan ke Medan.








Leave a Reply