Penyuluhan Hukum di Karo Diikuti Antusias oleh Pelajar

0
129

B. KurniaB. KURNIA PARGAULAN P. BERASTAGI. Kementerian Hukum dan HAM RI mengadakan Penyuluhan Hukum Serentak Tahun 2016 se Indonesia [Kamis 28/1: Pagi] yang untuk Kabupaten Karo diadakan di 2 empat. Untuk kalangan pelajar diadakan di SMA Negeri 1 Berastagi, dan untuk lingkungan warga umum, di lingkungan Rumah Tahanan Kabanjahe.

Penyuluhan ini dikoordinir oleh Kepala Rutan Kabanjahe, Kriston Napitupulu SH SIp dengan menampilkan narasumber dari Kanwil Kemenkumham Sumut, Kodim 0205 Tanah Karo, Polres Tanah Karo dan BNNK Karo. Adapun sebagai thema adalah: “Membangun Masyarakat Cerdas Hukum”.

Menkumham Yasona D. Laoly dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kriston Napitupulu mengatakan, penyuluhan hukum serentak Tahun 2016 ini dimaksudkan untuk mewujudkan kemanfaatan hukum yang berkepastian.

“Ini merupakan bentuk program Nawacita serta kontribusi nyata jajaran Kemenkumham dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia, agar mengetahui, hukummemahani dan menjadi cerdas hukum di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dimulai pada Tahun 2016 ini,” kata Yasona sebgaimana dibacakan oleh Kriston Napitupulu.

Selain itu, Menkumham memaparkan kegiatan penyuluhan hukum ini juga merupakan bentuk dari semangat gotongroyong seluruh jajaran masyarakat agar mampu berkontribusi secara progresif dalam menghadapi gempuran di era ini. Mengingat akan terjadi mobilisasi, tidak hanya barang dan jasa, bahkan tenaga kerja pun akan berlalu lalang di pasar bebas Asean, terlebih dengan potensi Indonesia dari SDA yang melimpah, agar menjadi perhatian bersama elemen bangsa.

“Mari bersatu menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945 dengan tegaknya supremasi hukum,” katanya.

Pantauan wartawan, pada pelaksanaan Penyuluhan di SMAN 1 Berastagi disambut antusias ratusan pelajar dari kelas X akhir. Kegiatan ini didukung penuh oleh kepala sekolah Alberto Colia SPd MPd dan guru-guru. Para pelajar dengan tertib mendengar dan menyimak paparan dari Dandim 0205 Tanah Karo (Letkol Agustatius Sitepu) tentang Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan. Demikian juga ketika Kepala BNNK Kabupaten Karo (Adlin Muchtar Tambunan) dengan topik Bahaya dan Hindari Narkoba dalam tubuh.




Selanjutnya, Kasat Reskrim Polres Tanah Karo (AKP M Manik) dengan topik Pelayanan masyarakat dan menjaga Kamtibmas dengan penegakan hukum dan Budi Nababan dari Kanwilkumham Sumut menyampaikan Topik Membangun Masyarakat Taat dan cerdas Hukum serta kesemua stake holder mendukung penuh pembentukan Duta Pelajar Cerdas Hukum SMAN 1 Berastagi.

Acara menjadi menarik dan hidup dengan adanya komunikasi dua arah pada ruang tanya jawab yang dibuka moderator (Adil Purba dan Ros) dari Rutan Kabanjahe. Para peserta mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan apa yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat Karo. Ini khususnya yang terjadi di tengah-tengah keluarga dan lingkungan. Demikian juga halnya dengan tindak pidana kriminal yang perlu menjadi perhatian serius dan penanganan baik dan benar, terutama oleh munculnya keresahan di tengah masyarakat atas tindak kriminal.

“Pencurian di rumah tinggal sampai hewan ternak belakangan ini tidak lagi memandang bulu. Ini terjadi baik di kota maupun di pedesaan,” kata para pelajar yang diantaranya adalah Amsalta dan Riska.




Leave a Reply