Kolom Darwono Tuan Guru: DOWN TO THE EARTH, PERUBAHAN KONTRAS JESICA

0
99

DaewonoSeperti yang telah kami paparkan dalam “Pembunuh dan Abraham Maslow Tentang Need”, pemberitaan mass media dan media sosial kini telah “Sampai” pada perubahan “perilaku” Jesika “yang kehilangan senyum” pasca ditetapkan sebagai tersangka. Bahan pengacaranya menyatakan Jesika sering menangis, Dalam tulisan itu kami paparkan “penangkapan Jesika kemungkinan akan mengembalikan Jesika ke Realitas yang terjadi”, Jesika kembali sadar penuh, “Down to The earth” , membumi sebagaimana manusia wajar, ketika sedih menangis, ketika ada masalah sulit senyum.

Bagi seorang guru, memahami perilaku dan perubahannya sangatlah penting, terutama dalam proses pendidikan, memahami perilaku dan perubahan perilaku peserta didik sangatlah mutlak diperlukan, sebab penilaian pendidikan tidak sekedar aspek pengetahuan (kognisi) tetapi juga aspek perilaku (sikap/afektif).

jessicaSebagai guru yang berlatar belakang pendidikan dokter hewan, dimana harus memahami perilaku pasien tanpa harus bertanya, hal ini sangat membantu, apa lagi teori-teori pembelajaran Parlov dll, memang terkait dengan perilaku heawan yang natural. Tinggal mengadaptasi dengan peran emosi dan psikologis.

Karena First Contact sangat penting dalam sebuah interaksi, oleh karena itu para guru hendaknya memiliki kemampuan menilai karakter peserta didik. Memahami karakter dengan tepat, lebih memungkinkan guru masuk ke “dalam diri” peserta didik sehingga dapat menggunakan metoda, model dan pendekatan pembelajaran yang tepat. Hal ini jauh lebih aplikatif dibandingkan “PTK” penelitian tindakan kelas. Meskipun demikian PTK tetap diperlukan terutama untuk kajian akademis dan persyaratan administratif, bagi guru PNS tentunya.

Bagi Guru yang berminat memahami karakter dengan cepat dapat mempelajari di arsip blog kami.




Leave a Reply