Semburan Lava Pijar Sinabung Kembali Meningkat

0
133

NggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktivitas Gunungapi Sinabung (Dataran Tinggi Karo, Sumut) kembali meningkat saat ini. Petugas Posko Pengamatan Gunungapi Sinabung memantau semburan lava pijar terjadi kemarin dini hari [Selasa 2/1].

Ternyata, cukup besar aktivitas yang terekam oleh CCTV. Terlihat semburan lava pijar mencapai 1.500 meter dari kawah Sinabung.

Gunungapi Sinabung sepanjang selasa dini hari tadi hingga Selasa pagi kemarin lava pijarkembali menunjukan peningkatan aktivitasnya. Aktivitas yang terus terlihat yaitu semburan lava pijar yang mulai membubung tingga pada sekitar Pukul 00.15 wib dini hari kemarin.

Semburan lava pijar yang teramati dan terekam melalui CCTV dari Posko Pemantau Gunungapi Sinabung dapat diperkirakan mencapai kurang lebih 1.500 meter disertai semburan debu vulkanik dan luncuran awan panas yang mencapai kurang lebih 2.000 meter ke arah Tenggara.




Menurut Posko Pengamat Gunungapi Sinabung PVMBG, semburan lava pijar ini adalah semburan lava yang tergolong cukup besar sejak meletusnya gunung teraktif di Pulau Sumatera ini ditetapkan menjadi Status Awas pada bulan Juni Tahun 2015. Ini menandakan ancaman masih cukup tinggi pada Gunung Sinabung.

Masih adanya tumpukan kubah lava yang bergantung di kawasan puncak Sinabung (kurang lebih 2 juta kubik) menadakan guguran maupun semburan lava pijar masih akan bisa terjadi. Pihak BASARNAS saat ini terlihat mulai melakukan persiapan bila saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.








Leave a Reply