Harga Tomat Secerah Langit di Junjungan Bumi Karo

0
199

Mulana TarsilMULANA TARSIL. BERASTAGI. Alam di Berastasgi dan sekitarnya sepanjang hari ini [Selasa 2/1] sangat cerah. Hingga Pkl. 18.00 sore hari inipun langit tetap cerah dan bumi di sekitar Berastagi dihangatkan oleh terpaan mentari.

Demikian juga geliat pertanian terpancar di Pasar Roga yang menjadi perantara petani dengan dunia yang lebih luas. Para petani umumnya menghantar hasil panen mereka ke pasar ini dan para vekoper, yang disebut juga broker atau agen sayur, membeli hasil panen mereka dan kemudian menjualkannya ke pasar yang lebih luas terutama ke Medan.

Para petani tomat tampaknya bisa bergembira akhir-akhir ini dengan bertahannya harga tomat yang, melihat gejolak harga terutama bila dibandingkan dengan harga hasil-hasil panen lainnya, lumayan stabil pada tataran harga yang umumnya membuat petani tomat tersenyum. Mungkin diantaranya berniat membeli martabak atau mie goreng di pasar sebagi oleh-oleh ke keluarga di kampung halaman atau sedang menunggu di sapo barung di ladang. Ringkasnya, harga tomat memuaskan para petaninya.




Berikut ini adalah harga sayur mayur di Pasar Roga (Berastagi) hari ini [Selasa 2/1] berdasarkan transaksi antara para petani dengan verkoper.

Cabai merh Rp. 21.000/ Kg

Cabai rawit Rp. 20.000/ Kg

Tomat Rp. 8.000/ Kg

Kol Rp. 1.500/ Kg

Kol bunga Rp. 3.000/ Kg

Brokoli Rp. 3.000/ Kg

Sayur pait Rp. 2.000/ Kg

Sayur putih Rp. 2.000/ Kg

Kentang Rp. 9.000/ Kg



Leave a Reply