Kolom Herli Sitepu: BELAJAR DARI SEEKOR BERUANG

1
147

herli sitepuSeekor beruang yang besar sedang menunggu seharian dengan sabar di tepi sungai deras. Waktu itu memang tidak sedang musim ikan. Sejak pagi ia berdiri di sana mencoba meraih ikan yang meloncat, namun tak satu juga yang berhasil ia tangkap. Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya ia dapat menangkap seekor ikan kecil. Si ikan kecil itu meratap pada sang beruang.

“Wahai beruang, tolong lepaskan aku. Kau lihat aku ini terlalu kecil, bahkan bisa lolos lewat celah-celah gigimu,” rintih sang ikan.

“Lalu kenapa?” tanya beruang.

“Begini saja, tolong lepaskan aku ke sungai. Setelah beberapa bulan aku akan menjadi ikan yang besar. Saat itu, kau bisa menangkapku dan memakanku untuk memenuhi seleramu,” kata ikan.

beruang 2“Wahai ikan, kau tahu mengapa aku bisa tumbuh begitu besar?” tanya beruang.

“Karena aku tak pernah menyerah walau sekecil apa pun keberuntungan yang telah tergenggam di tangan!” jawab beruang sambil tersenyum mantap.

“Ops!” teriak ikan, dengan terkejut.

Dalam hidup, kita diberi banyak pilihan dan kesempatan. Namun, jika kita tidak mau membuka hati dan mata untuk melihat dan menerima kesempatan yang Tuhan berikan sekecil apapun, maka kesempatan itu akan hilang begitu saja. Ini hanya akan menciptakan penyesalan yang tiada guna di kemudian hari.




Maka bijaksanalah pada hidup. Hargai setiap detil kesempatan dalam hidup kita. Di saat sulit, selalu ada kesempatan untuk memperbaiki keadaan; di saat sedih, selalu ada kesempatan untuk meraih kembali kebahagiaan; di saat jatuh selalu ada kesempatan untuk bangkit kembali.

Bila kita setia pada perkara yang kecil,maka kita akan mendapat hal yang besar. Bila kita menghargai kesempatan yang kecil, maka ia akan menjadi sebuah kesempatan yang besar.

Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.

Morning all tetap semangat, GBU !




1 COMMENT

  1. “Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.
    Bila kita menghargai kesempatan yang kecil, maka ia akan menjadi sebuah kesempatan yang besar.”

    Mantap!

    MUG

Leave a Reply