Sirulo TV: Demonstrasi Rusuh di Kantor KPUD Karo

0
203





Jhon RockyJHON ROCKY. KABANJAHE. Ratusan massa dari Forum Jambur Pergerakan Karo F- JPS melakukan aksi unjuk rasa damai di kantor Panwaslih Kabupaten Karo [Rabu 10/2]. Mereka menolak pelantikan Paslon Bupati No. Urut 6, Terkelin Berahmana – Cory Sebayang karena Paslon terpilih tersebut dituding telah melakukan pelanggaran administratif sesuai dengan yang tertuang dalam Surat Panwaslih Kabupaten Karo No. 33/ LP/ Panwas – Karo/II/2015 tentang kajian dugaan pelanggaran.

Setelah dari Kantor Panwaslih para pengunjuk rasa melanjutkan aksinya ke Kantor DPRD Karo. Aksi mereka juga disertai 4 mantan Paslon Bupati Karo Tahun 2015 yaitu Sudarto Sitepu, Cuaca Bangun, Layari Sinukaban, dan Nursianna Br Surbakti. Nursiana digugurkan KPU Karo saat dalam tahap pecalonan dengan alasan tidak sehat jasmani.

Kapolres Karo AKBP Togi Tambunan turun langsung mengawal dan mengamankan aksi unjuk rasa ini. Di rumah rakyat itu, para demonstran diterima Ketua DPRD Karo Nora Else Surbakti berserta beberapa anggota dewan lainnya. Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Karo berjanji akan mengadakan RDP (Rapat Dengar Pendapat) yang dijadwalkan diadakan besok [Jumat 12/2] di Kantor DPRD Karo.

demo 3Setelah mendapat kepastian, para pengunjuk rasa kembali melakukan aksinya ke Kantor KPUD Karo. Namun, aksi mereka dihadang oleh anggota Polres Karo di pintu gerbang Kantor KPUD Karo. Massa tidak diperbolehkan masuk ke halaman kantor.

Akhirnya para demonstran mendorong petugas yang melakukan blokade. Kapolres Karo yang juga berada di depan gerbang ikut terdorong oleh pengunjuk rasa sehingga menyulut kemarahan anggota polisi lainnya. Terjadilah bentrok sehingga sebahagian para pengunjuk rasa lari kocar kacir dikejar petugas.

Para orator aksi tersebut juga diseret petugas masuk ke halaman Kantor KPUD Karo untuk diamankan. Layari Sinukaban langsung diminta Kapolres Karo untuk menenangkan massanya. Setelah dilakukan mediasi, akhirnya para demonstran yang diamankan akhirnya dibebaskan dan massapun dibubarkan untuk pulang ke rumah masing-masing.





Leave a Reply