Kolom Usaha B. Barus: SAGAN TANEH, Jalan Tembus Karo – Langkat

0
385

usaha 9Sagan Taneh adalah sebuah kawasan yang terletak di dekat perbatasan antara Kabupaten Karo dengan Kabupaten Langkat atau bisa juga disebut antara Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung) dengan Karo Hilir (Karo Jahe) di bagian Langkat. Kawasan ini tidak jauh dari Tugu Kuliki (Tugu Elang) yang dibangun pada tahun 1987 oleh TNI.

Jarak dari Kabanjahe (ibu kota Kabupaten Karo) ke lokasi sekitar 29 km. Dari Tugu Kuliki ke Kota Binjai sekitar 49 km, dari Tugu Kuliki ke Kota Medan sekitar 100 km. Jarak dari Desa Kuta Rayat (Kecamatan Namn Teran, Kabupaten Karo) ke Tugu Kuliki sekitar 7,5 km dan dari Tugu Kuliki ke Telagah (Kabupaten Langkat) sekitar 8 km.

sagan taneh 2
Jalan dari Desa Pamah menuju perbatasan

Diantara Tugu Kuliki dengan Desa Telagah Langkat ada Desa Pamah yang panorama dan ketinggiannya dari permukaan laut hampir sama dengan Bandar Baru (Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang). Infrastruktur jalan ke kawasan ini sudah bagus hanya sekitar 3 km lagi dari perbatasan ke arah Desa Pamah yang belum mulus.

Panorama kawasan ini juga sangat menarik. Salah satu alternatif jalan pintas bagi daerah kabupaten/ kota lain Seperti Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Singkil, Subusalam, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun dan Karo menuju Binjai, Langkat, Kuala Simpang dan Aceh Timur atau ke Medan. Sehingga bisa mengurangi kemacetan Jalan Berastagi-Medan.

sagan taneh 3
Lokasi foto ini adalah dekat Tugu Kuliki Perbatasan Karo-Langkat.

Topografi lokasi ini datar dan landai, kesuburan tanah sangat tinggi dengan jenis tanah Andosol dan kaya akan humus dengan luasan lebih seribuan hektare. Melihat kondisi ini memang sangat layak untuk menjadi lahan pertanian bagi relokasi pengungsi Sinabung.

Ketika Gunung Sinabung erupsi yang ke dua pada tahun 2013, beberapa penduduk Desa Kuta Rayat, Sukanalu Teran dan Singgarang-garang mengungsi ke kawasan ini karena jaraknya hanya sekitar 7-8 km saja dan aman dari arah erupsi Gunung Sinabung. Berhubung karena erupsi Sinabung belum berkesudahan dan mereka belum juga mendapatkan tempat dan lahan pertanian (relokasi) sementara desa dan lahan pertanian mereka masuk zona merah erupsi Sinabung, maka mulailah mereka menggarap kawasan ini menjadi lahan pertanian mereka bahkan beberapa keluarga sudah menetap di sana.


Saya belum tahu jelas bagaimana status lahan ini dan bagaimana tanggapan pemerintah akan hal ini. Setelah Relokasi Siosar, Kawasan Sagan Taneh ini sangat lah layak untuk relokasi pengungsi Sinabung,

Mari kita diskusikan, bagaimana pendapat teman-teman semuanya. Sambil menyesap dan menyeruput secangkir kopi panas malam.

sagan taneh 1
Tanaman Terung Jepan tumbuh subur tanpa pemupukan kimia di Sagan Taneh.
sagan taneh 4
Jalan dari Desa Kutarayat menuju kawasan Sagan Taneh.
sagan taneh 5
Sebuah ladang yang ditanami terung jepan di Sagan Taneh.




Leave a Reply