Musim Tanam Jagung Mulai lagi di Munte

0
135

Peby 8 jagung 2PEBY SINURAYA. MUNTE. Desa Munte (Kecamatan Munte, Kabupaten Karo) dan sekitarnya terkenal sebagai lumbung padi Kabupaten Karo. Karena itu, sempat terkenal Beras Munte yang artinya salah satu jenis beras yang dihasilkan oleh penduduk Munte dan sekitarnya, dan menjadi pembedanya dengan beras-beras lainnya di pasar.

Namun begitu, akhir-akhir ini warga Desa Munte telah banyak juga menanam jagung di lahan-lahan kering mereka.

Sejak 5 hari ini, sudah mulai terlihat warga Desa Munte menanam jagung. Begitu selesai panen jagung dari musim sebelumnya, para petani jagung ini langsung jagungmengolah lahannya untuk bisa menanam jagung lagi. Lahan dibersihkan dulu dari sisa-sisa tanaman jagung musim sebelumnya. Begitu juga sampah-sampah dibuang dari lahan. Setelah itu, lahan dibiarkan slama 2 hari. Baru kemudian dimulai penanaman musim berikutnya.

Sudah sejak dari dulu sebenarnya warga Munte mengkombinasikan pertanian padi sawah dengan bercocoktanam jagung di lahan kering. Hanya saja, akhir-akhir ini, semakin sedikit warga yang menanam padi sawah karena debi air yang semakin menurun air irigasi lebih sering kering.




Biasanya, setelah selesai menanam jagung, para petani beristirahat sejenak di gubuk (sapo) mereka di ladang sambil mengunyah sirih atau menyuntil tembakau.  jagung 4Mumpung anak-anak belum datang dari kota menuntut uang sekolah/ kuliah, uang bayar makan, uang sewa in de kost, dan lain-lain. Masih sempat menikmati sepoi-sepoi angin bersama alunan kisah Beru Dayang di dalam benak.

Berita foto: Petani menanam jagung. Peby sinuraya, Munte. Berita yang terkait dlm foto tsb adalah para petani yang sedang menanam jagung diladang mereka. Kebetulan foto yg saya ambil ini,,adalah sistem menanam jagung dengan Mencangkul..atau yg sering disebut Mengkoak di desa ini.

jagung 3
Mengaduk bibit jagung di sebuah kantongan plastik

 


Leave a Reply