Kolom Herli Sitepu: MENGHADAPI MASALAH

0
126




herli sitepuPencobaan-percobaan yang kamu alami ialah pencobaan-percobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkanmu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai, Ia akan memberikan kepada kamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Setiap orang pasti punya masalah dalam hidupnya. Tanpa dicari masalah akan selalu menghampiri. Ia bisa menjadi “musuh” jika kita selalu menghindar dari masalah dan menjadi “sahabat” yang membangun jika kita berani menghadapi masalah. Tuhan memakai masalah dengan tujuan untuk mendewasakan karakter kita dan untuk menunjukkan betapa besar kuasa-Nya dalam hidup kita.

Masalah
Foto: BOY SYAHPUTRA

Tuhan pasti akan memberikan kemenangan, jika kita punya respons yang benar dalam menghadapi masalah. Kadangkala, kita berdoa untuk meminta mukjizat, tetapi yang datang justru masalah yang lebih besar. Jika kita ingin melihat mukjizat Tuhan yang besar, kita juga perlu menghadapi masalah yang besar. Mukjizat adalah jawaban dari setiap masalah. Semakin besar masalah yang ada, semakin kita bisa merasakan pertolongan Allah yang besar dalam hidup kita.

Masalah akan membuat iman dan karakter kita makin teruji, terutama saat kita belum melihat jawaban doa. Namun, tetap percaya bahwa Tuhan akan menyelesaikan setiap pergumulan kita.

Ada pepatah demikian: “Jika kita tidak menyukai sesuatu atau keadaan, ubahlah itu. Tetapi jika kita bisa mengubahnya, ubahlah sikap kita dengan mengucap syukur dan tidak mengeluh!”

Belajarlah untuk memiliki respon yang benar dalam setiap masalah dan keadaan yang sepertinya tidak bisa kita ubah. Tetaplah kuat dan percaya pada Tuhan yang memberi kekuatan dan sukacita untuk menghadapi setiap masalah, ujian, dan pergumulan dalam hidup kita.

Tuhan yang ada di dalam diri kita, lebih besar dari setiap masalah kita. Masalah adalah pengasah yang baik untuk memperkuat iman kita kepada Allah!

Tetap semangat, GBU!




Leave a Reply