Kolom Herli Sitepu: 3 HAL DALAM HIDUP

0
107




herli sitepu3 hal dalam hidup yang tak pernah kembali adalah: 1. Waktu, 2. Perkataan, 3. Kesempatan. Kita tak bisa memutar kembali waktu, tapi kita bisa menciptakan kenangan dengan waktu yang masih kita punya.

Ucapan kasar yang keluar dari mulut kita, tak bisa menghapus caci maki yang telah membuat orang lain marah, terluka atau menangis. Kita tak bisa mendapatkan kembali kesempatan yang sudah kita lewatkan, tapi kita bisa menciptakan peluang untuk membuat kesempatan lain datang dalam hidup kita.

3 hal dalam hidup yang tak boleh hilang: 1. Kehormatan, 2. Kejujuran, 3. Harapan.

Pasar Roga 10
Suasana di Pasar Roga Berastagi. Foto: BOY SYAHPUTRA.

Jika kita tidak memiliki uang dan masih memiliki kehormatan, maka bersyukurlah, karena kehormatan merupakan salah satu kekayaan yang masih berharga di mata orang lain. Jika kita telah kehilangan kehormatan dan ingin memulihkannya, pergunakanlah kejujuran, karena orang-orang yang jujur adalah orang-orang yang terhormat. Milikilah harapan bahwa kita bisa memperbaiki kehormatan meski dengan susah payah.

Teruslah bergerak hingga kelelahan itu lelah mengikutimu. Teruslah berlari hingga kebosanan itu bosan mengejarmu. Teruslah berjalan hingga keletihan itu letih bersamamu. Teruslah berjaga hingga kelesuan itu lesu menemanimu.

Dan, 3 hal dalam hidup yang paling berharga adalah: 1. Keluarga, 2. Sahabat, 3. Cinta.

Kekayaan bukan soal berapa banyak uang yang kita miliki. Kekayaan adalah apa yang masih kita miliki saat kita kehilangan semua uang kita. Jika kita kehilangan semua uang kita, ingatlah bahwa kita masih memiliki keluarga. Jika kita kehilangan semua keluarga kita, ingatlah bahwa kita masih memiliki sahabat.

Dan, jika kita kehilangan semua keluarga dan tak ada satu pun sahabat, ingatlah bahwa kita masih memiliki cinta untuk mendapatkan mereka kembali, untuk mengenang masa-masa indah bersamanya dan untuk menciptakan persahabatan yang baru dengan kehangatan kasih yang mampu kita berikan.

Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih. Paling besar diantaranya ialah kasih.




Leave a Reply