Greenpeace Menentang Perdagangan Bebas TTIP

1
98

Greenpeace
Sumber foto: Greenpeace Nederland.

LORETA KARO SEKALI. AMSTERDAM. Para aktivis Greenpeace merantai diri mereka di pintu masuk utama dari sebuah gedung di Brussels (Belgia) hari ini [Senin 22/2]. Di dalam gedung ini sedang diadakan negosiasi perencanaan Perjanjian Perdagangan Bebas Internasional (TTIP).

Sebagaimana dilansir oleh beberapa media online di Belgia dan Belanda, ada sekitar 30 penghunjuk ras memasang spanduk besar untuk menyatakan ketidakpuasan mereka terhadap perjanjian perdagangan antara Uni Eropa dan Amerika Serikat. Sebagian dari para penghunjuk rasa datang dari Belanda.

Menurut Greenpeace, ada beberapa pintu masuk yang diblokir oleh para penghunjuk rasa.

“Karena ada beberapa bukan hanya satu pintu masuk yang perlu diblokir makanya kita mengirim 30 pengunjuk rasa,”  kata juru bicara Greenpeace.

Para penghunjuk rasa bisa dengan mudah mendekati gedung. Meski saat itu polisi segera tiba di tempat, mereka tidak melakukan suatu tindakan apapun untuk menghentikan para penghunjuk rasa.








1 COMMENT

  1. Betul memang, karena TTIP ini hakekatnya sama dengan TPP The Trans-Pacific Partnership yang sudah sering kita bicarakan di milis Karo. Dimanapun dibentuk hakekatnya sama: “what benefits corporatioas benefits people”, prinsip dasar neoliberalisme. Disini kekuasaan duit atau orang kaya berangsur akan menjadi kenyataan yang tak bisa dibantah oleh orang banyak, atau orang tak punya duit. Dengan demikian prinsip demokrasi dan tanggung jawab demokrasi bagi corporation (kalau bisa ada atau dituntut tanggung jawabnya) akan hilang total. Tinggal yang ada ialah tanggungjawab corporations atau big corporations. Perusahaan kecil tak banyak modal tak mungkin ada suaranya, apalagi orang banyak yang tak punya apa-apa.
    MUG

Leave a Reply