Mecu Ginting Pemenang ‘Miep Diekmann Price’ 2016 (Nederland)

1
126




thesis mecu
Sampul depan thesis master dari Mecu Ginting.

LORETA KAROSEKALI. AMSTERDAM. Penghargaan Miep Diekmann tahun ini jatuh ke Mecu Ginting dengan thesis master yang berjudul: Wild waters. An analysis of the Dynamics between People and Water in Dutch Children’s Literature from the Vantage Point of the Ecohumanities’.  (Master jeugdliteratuur Tilburg University).

Demikian diumumkan oleh IBBY (International Board on Books for Young people) Nederland lewat situsnya pagi ini [Senin 22/2: Pukul 09.00 Waktu Nederland].

Hadiah penghargaan ilmiah ini diberikan sekali dalam 2 tahun kepada 3 thesis master terbaik dari semua universitas di Belanda. Diantara semua thesis master yang dijaring dari semua universitas di Nederland yang berthema kajian sastra di kalangan anak dan remaja, terpilih 3 thesis master yang terbaik. Dari ketiga thesis master yang terbaik ini dewan juri menetapkan thesis master karya Mecu Ginting asal Taneh Karo ini sebagai yang paling baik.

Mecu Ginting
Mecu Ginting (kiri) saat mencari dan mempelajari berbagai jenis serangga di sebuah hutan dekat perbatasan Dataran Tinggi Karo (Kabupaten Karo) dengan Dataran Rendah Karo (Kabupaten Langkat dan Kabupaten Deliserdang) di tahun 2009.

Dewan juri terdiri dari Profesor Rita Ghesquiere, Prof. Saskia de Bodt dan dr. JANT van der Weg-Laverman. Acara penyerahan hadian akan dilakukan saat berlangsungnya seminar IBBY di Perpustakaan Kerajaan di Den Haag [Jumat 11 Maret 2016].

Saat dihubungi oleh Sora Sirulo barusan, Mecu Ginting mengatakan akan datang ke Belanda untuk menghadiri acara seminar dan penyerahan hadiah tersebut.

“Saya akan menginap beberapa malam di rumah orangtua saya di Leiderdorp dan kemudian secepatnya kembali ke Inggris,” kata Mecu yang kini mengikuti program master ke dua di Universitas Cambridge (Inggris) atas beasiswa beberapa penyandang dana internasional yang tertarik terhadap penelitiannya mengenai hubungan antara Nature dengan Culture dalam cara pandang dan sikap orang-orang Belanda terhadap air.




1 COMMENT

  1. Wow . . . Beru Ginting satu ini . . .
    bukan main bangganya kita kalak Ginting enda.

    Selamat Mecu atas suksesnya.

    (Mecu br Ginting adalah putri dari pemimpin umum SS Juara Rimanta Ginting).

    MUG

Leave a Reply