Kolom M.U. Ginting: SBY Sekarang

0
119




M.U. GINTING 3Ada bagusnya atau akan selalu ada bagusnya bagi nation ini kalau diskusi dan dialog, kritik dan anti-kritik bisa terus hidup di dalam kehidupan masyarakat. Sangat tambah bagus kalau orang-orang seperti SBY sebagai ex presiden masih bisa terus menghidupkan tanggapan atau kritiknya atas pemerintahan sekarang setelah dia lengser dari kursi kepresidenannya, setelah menjabat kerjaan itu selama 10 tahun.

Banyak pengalaman yang bisa dia sampaikan sekarang, pengalaman yang tak mungkin datang dari orang lain. Tetapi, dia tidak akan sampaikan kalau tak dikritik atau ’diingatkan’ dengan kritik.  SBY, sama halnya dengan Jokowi adalah orang-orang introvert, tak langsung menanggapi seperti seorang extrovert misalnya seperti menko Luhut Panjaitan.

Diskusi dan dialog dalam suasana keterbukaan, dan mengikut sertakan sebanyak mungkin publik, adalah KEKUATAN. Adalah ENERGI BESAR, dan adalah  tenaga sby 2penggerak perubahan serta perkembangan negeri ini. Karena Indonesia adalah nomor 1 dalam soal KETERBUKAAN dan DEMOKRASI, maka Indonesia juga akan jadi nomor 1 dalam soal penggerak perubahan dan perkembangan ini.

SBY sedikit ’kecewa’ karena dari pihak pemerintah sekarang banyak mengeritik atau ’menyalahkan’ pemerintahan lama SBY. Kalau melihat kesalahan lama demi perbaikan dan kemajuan sekarang supaya tidak bikin kesalahan lama, tetap saja bisa dibenarkan, dan malah keharusan, asalkan jangan dalam rangka menutupi ketidakbecusan sekarang sambil menyalahkan pemerintahan lama. Ini tak betul dan tak mungkin ada perbaikan, kalau hanya melihat kenegatifan masa lalu tanpa perbiki masa sekarang. Artinya, perlu mengubah yang negatif jadi positif.

Dari segi lain, tentu SBY lebih banyak tahu soal pekerjaan dia dulu, dan karena itu juga dia bisa memberikan keterangan dan argumentasi yang lebih mendalam dan jelas (hanya dia yang bisa) dimana dan mengapa begitu dalam situasi yang dihadapinya ketika itu. Ini akan sangat membantu banyak bagi publik dalam arti PENCERAHAN dan juga bagi pemerintahan sekarang pastilah akan sangat banyak membantu dalam arti tidak mengulangi semua yang salah pada masa lalu.




SBY dan Jokowi serta seluruh rakyat negeri ini sangat menginginkan perkembangan yang sebagus mungkin bagi negeri ini, dan tak bisa dipungkiri lagi bahwa DIALOG, DISKUSI dan juga DEBAT dalam suasana KETERBUKAAN, TERUS TERANG, JUJUR SERTA IKHLAS akan banyak membantu perubahan dan perkembangan.

Ketegasan sikap SBY dan partainya soal pengebiran UU KPK perlu dapat apresiasi dari semua publik negeri ini yang menganggap korupsi adalah penghalang besar kemajuan Indonesia. Korupsi adalah salah satu dari 3 serangkai usaha perongrongan kekuasaan RI dan nation Indonesia. Dua lainnya ialah narkoba dan terorisme. Diskusi dan dialog soal 3 serangkai ini (korupsi, narkoba, terorisme) masih perlu diteruskan dan dijadikan bahan pokok dialog dan diskusi TERBUKA dengan partisipasi PUBLIK sebanyak mungkin.

Semua soal di atas meja! Semua pendapat di atas meja! Inilah jalan ke penemuan SOLUSI yang tidak dipunyai oleh negeri lain, tetapi Indonesia sudah menguasainya dan mempraktekkannya. Banggalah jadi orang Indonesia.




Leave a Reply