Berita Foto: Jalan Tembus Tuntungan – Bandar Baru

0
403




Tembus Bandarbaru 4tembus bandarbaru 7USAHA B. BARUS. KABANJAHE. Jalan Tembus Medan – Tuntungan – Kutalimbaru – Tandak Benua – Bandar Baru – Berastagi kini telah dapat dilalui kenderaan roda empat. Infrastruktur jalan sudah lumayan baik dengan ketinggian rata-rata 850 mdpl.

Derah ini cocok untuk lahan pertanian tanaman tua. Jarak tempuh hanya berkisar 60 menit saja. Bisa juga tembus ke Jaranguda (Berastagi), tetapi jalan belum bisa dilewati oleh kenderaan roda empat.

tembus bandarbaru 5Tadi menjelang siang [Selasa 23/2], kami serombongan yang berjumlah 6 orang mencoba menyusuri Jalan Tembus Bandar Baru-Kutalimbaru Tuntungan ini. Di kawasan ini juga terdapat Air Terjun Dua Warna dengan perjalanan sekitar 3,5 jam ke arah kaki gunung dengan jaln kaki.

Adapun tujuan kami ke kawasan ini adalah ke Desa Ujung Deleng dan Lau Simalem (Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang) dengan jarak hanya 4 km dari Perkemahan Pramuka Sibolangit. Di daerah ini ada lahan seluas 250 Ha yang berpotensi dapat dijadikan menjadi kawasan tembus bandarbaru 6Agrowisata, Agroforestry, Outbound dan Kampus Alam.

Tanaman yang cocok untuk Agrowisata di kawasan ini seperti, durian, manggis, duku, aren, asam gelugur, petai, jengkol, terong belanda, jeruk, gambir dan kopi jenis arabica maupun robusta.

Menurut Pak Robinson Sitepu, kawasan Ujung Deleng dan Lau Simalem terkenal dengan tanaman gambir terbaik di Asia (konon hasil riset ahli gambir dari India). Sampai kini budidaya gambir masih bertahan di daerah ini walau dalam skala kecil. Usia tanaman gambir di Ujung Deleng ini ada yang sudah lebih satu abad. Makanya daerah Sibolangit disebut “Sinuan Gambir”.

Silahkan klik masing-masing foto untuk ukuran besar.

tembus Bandarbaru 3Tembus Bandarbaru 2aTembus Bandarbaru




Leave a Reply