Ikan Asap Elko Jaya Pancurbatu

0
245





jebta 3JEBTA SITEPU. PANCURBATU. Usaha ikan asap (nurung kerah) ini diusahai oleh pasangan suami isri Koko Elkojaya Tarigan (37) dan Elida br Ketaren (33). Usaha yang masih sejak 6 bulan digeluti pasangan ini sudah dinikmati oleh turis-turis mancanegara, antara lain turis asal Pakistan, Malaysia dan Singapura serta masyarakat sekitar Kota Medan.

Bahan baku ikan asap ini adalah ikan lele jumbo dengan berat ikan rata-rata 3 ons per ekor.

ikan asap 2“Saat ini masih 2 kg sekali pengasapan. Ikan yang sudah jadi dapat tahan hingga 6 bulan jika tetap kering atau disimpan di kulkas,” kata Elida br Ketaren kepada Sora Sirulo yang datang berkunjung ke tempat produksi ikan asap Elko Jaya milik Elida bersama suaminya Elko Jaya Tarigan Tambun [Rabu 2/3].

Mengenai harga ikan ini, jika kita membeli di pasar, bisa mencapai Rp. 100 ribu/ Kg. Tapi, jika kita membeli langsung di sini hanya Rp. 70 ribu/ Kg.

Awal mula bisnis ini muncul karena sering membeli ikan asap di pasar dan terasa nikmat sehingga timbul niatan untuk membuat sendiri. selain itu, pasangan suami istri ini melihat peluang usaha pengasapan ikan ini.

ikan asap 3
Ikan asap siap dikirim lewat pos.

Selain ikan asap, ada usaha lain yang mereka geluti saat ini, yaitu kolam pancing serbu lele. Suami dari Elida br Ketaren ini juga membuka usaha sewa jasa shooting video, pembuatan foto dan menyewakan keyboard untuk pesta pernikahan mau pun acara acara lainnya.

Dari sekilo ikan asap yang sudah jadi, diperlukan sekitar 4 kg ikan segar. Proses pengasapan kurang lebih 2 hari.

Untuk pemesanan dapat langsung menghubungi ibu Elida br Ketaren di nomor HP 0812 6379 5639 atau juga bisa datang langsung ke lokasi pemandian alam Gotong Royong Elko Jaya Pancur Batu.

ikan asap 6ikan asap 5ikan asap 4



Leave a Reply