Ramuan Obat Karo di Pancurbatu

0
156




SADA ARIH 5Obat Karo 3SADA ARIH SINULINGGA. PANCUR BATU. Suku Karo dikenal sebagai pengobat tradisional sejak nenek moyang suku ini belum mengenal pendidikan dan belum mengenal pengobatan medis seperti sekarang ini. Suku Karo memiliki kemampuan mengobati bermacam-macam penyakit yang bahannya dimanfaatkan dari tumbuh-tumbuhan yang diramu dan diracik sedemikian rupa.

Dahulu, apabila ada orang yang sakit maka oleh Guru Mbelin atau Guru Simbaso yang dipercaya sebagai pengobat kampung mengumpulkan dan mencari daun-daun, batang, kulit batang atau akar-akar, bunga, biji, dan buah tumbuh-tumbuhan tertentu sebagai bahan pengobatannya menurut kebutuhan penyakit.

Obat Karo 2Di samping itu tentunya pihak kerabat yang sakit itu turut serta mencarinya di perladangan, tepian sungai, pegunungan bahkan di hutan-hutan tertentu yang diduga jika di hutan tersebut diduga ada.

Saat ini tidak perlu lagi repot mencari bahan-bahan yang dibutuhkan jika ingin meramu obat tradisional Suku Karo. Ini telah tersedia dijual di beberapa kios yang secara khusus menjualnya di Pasar Pancurbatu.



Leave a Reply