Cabai Merah Melambung di Medan

0
185




HelmiIKA HELMINA BANGUN DAN TIM. MEDAN. Memang harga cabai merah sulit diramalkan. Bisa dalam hitungan jam di hari yang sama harganya berubah drastis. Bisa juga di tempat yang berbeda pada hari yang sama harganya sangat berbeda meski sumber barangnya sebgian besar sama.

Demikian telah terjadi pad harga cabe merah. Harga kemarin tengah malam [Rabu 2/3] di Pusat Pasar Jl. Seram, Medan, hingga tadi pagi [Kamis 3/3] mencapai Rp. 48 ribu – 50 ribu/ Kg. Padahal, di tempat-tempat lain pada hari ini bekisar Rp. 35 ribu – 38 ribu/ Kg.

Menurut reporter Peby Sinuraya, harga cabai merah hari ini di Pasar Kabanjahe Rp. 36 ribu/ Kg. Tapi, menurut nara sumber Sora Sirulo Herlina Sukatendel, harga eceran cabai 5hari ini di Kabanjahe Rp. 35 ribu/ Kg yang kemungkinan masih didasarkan pada harga pembelian sehari sebelumnya.

Reporter Sora Sirulo dari Pekan Baru melaporkan, yang terjadi di lapangan adalah sebagai berikut. Harga di pasar induk adalah Rp. 36 ribu/ Kg tapi di warung-warung bisa berfluktuasi mencapai Rp. 50 ribu/ Kg. Sepertinya warung-warung di Pekan Baru mengikuti perkembangan harga di pasar induk. Mereka menyesuaikan harga penjualan mereka dengan harga terkini di pasar induk bukan berdasarkan harga pembelian mereka.

Sedangkan di Lhokseumawe (Aceh Utara) menurut nara sumber kita di sana, M. Abrar Syarifuddin Darussamin, harga cabai merah hari ini adalah Rp. 50 ribu/ Kg.

“3 hari lalu, di Pasar Pagi Padangbulan (Medan) harga cabai merah Rp. 38 ribu/ Kg,” kata reporter Sora Sirulo Rosalinda br Purba.




Leave a Reply