Pacaran Dulu dan Sekarang

0
317

Oleh: Natalia Charo (Medan)




Natalia CharoSeiring perkembangan zaman dan teknologi serta pengaruh budaya luar, banyak terjadi perubahan di Indonesia. Salah satunya adalah budaya berpacaran. Budaya orang dulu berpacaran berbeda dengan budaya orang zaman sekarang berpacaran.

Mengapa saya katakan begitu?

Di zaman sekarang, orang-orang berpacaran sudah mengenal yang namanya hubungan sex. Bandingkan dengan zaman dulu, orang yang berpacarannya tidak dalam waktu yang lama. Kalau mereka sudah merasa cocok mereka langsung menikah.

Mengapa seperti itu?

pacaran 2Mereka menghindari hal-hal tabu yang mungkin saja dapat terjadi bila terlalu lama berpacaran tanpa diikat tali perkawinan. Zaman dulu orang masih menjunjung tinggi yang namanya adat dan budaya sopan santun. Zaman dulu, orang kalau ketahuan berpacaran malam-malam berdua, mereka akan segera ditangkap dan dinikahkan saat itu juga.

Berbeda dengan zaman sekarang. Sekarang, banyak anak muda yang gaya berpacarannya sudah memakai istilah “pacaran tanpa hubungan sex itu bukan pacaran namanya”. Mereka tidak lagi menghargai yang namanya adat dan budaya sopan santun. Akibatnya, banyak terjadi kasus hamil di luar nikah dan sering berujung pada tindakan aborsi.

Para orangtua hendaknya memberi perhatian dan nasehat kepada anak-anaknya agar tidak sampai terjadi hal seperti ini.




Leave a Reply