Kolom Usaha B. Bangun: Bibit Sawit Pintu Belakang

0
202




usaha 9Pada tahun 1996, abang sepupu ingin membeli kecambah bibit kelapa sawit ke tempat saya ketika masih bekerja di salah satu perkebunan swasta. Ketika saya beritahu harga kecambah bersertifikat, dia hanya mengerutkan dahi sebagai tanda tidak setuju. Seminggu kemudian, dia beritahu saya kalau dia sudah mendapatkan bibit kelapa sawitnya yang sudah siap tanam untuk luasan 20 Ha dengan harga di bawah harga kecambah di perusahaan tempat saya bekerja.

Pada tahun 2011, abang sepupu ini pun mendatangi saya lagi seraya berkata: “Tolong dulu bantu abang mencari pembeli ladang sawit kita itu. Produksinya menurun terus. Tahun lalu buahnya hanya 12 Ton/ Ha/ Thn. Paling tinggi pun tahun-tahun lalunya hanya 15 Ton/ Ha/ Thn. Udah, jual saja. Sudah bosan aku,” keluhnya saat itu.

sawit 2Bibit Kecambah Bersertifikat adalah biasanya persilangan antara Dura (D) dengan Pisifera (P) dan menghasilkan Tenera(T). Potensi produksinya berkisar 30 – 35 Ton/ Ha/ Thn. Apabila buah hasil Tenera tadi dikecambahkan lagi tanpa ada proses penyerbukan (perkawinan silang dari indukan unggul yang berbeda) dan dibuat menjadi bibit, maka hasil produksinya hanya bisa berpotensi 60% dari produksi indukannya. Biasanya bibit seperti ini disebut “Bibit Mariles” yang artinya bibit Marihat Leles.

Untuk itu, pilihlah bibit/ kecambah yang bersertifikat lewat pintu depan. Hindari bibit/ kecambah bersertifikat lewat pintu belakang itu sama saja dengan “Mariles”, sebelum anda menyesal 10 tahun kemudian.








Leave a Reply