Digagalkan Jadi Balon Kepdes Delitua, Repelita Tarigan Merasa Dicurangi

0
221




SADA ARIH 5SADA ARIH SINULINGGA. NAMORAMBE. Repelita Tarigan SPt MSc seorang bakal calon Kades Delitua (Kecamatan Namorambe) melaporkan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Desa Delitua kepada Bupati Deliserdang, Kaporles Deliserdang, dan Camat Namorambe atas pencoretan namanya dari Bakal Calon Kades oleh P2KD desa Delitua. P2KD diduga tidak melakukan tahapan Penjaringan dan Penyaringan dengan benar sebagaimana yang diamanatkan oleh Peraturan Bupati Deliserdang No.1966 Tahun 2015 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa.

Sebelumnya, dalam tahapan pendaftaran telah dinyatakan Lengkap dan telah diterima. P2KD setelah itu sudah pula menetapkan 5 orang Bakal Calon yang diantaranya adalah Repelita Tarigan SPt MSc. Namun, belakangan, pada Selasa 1 Maret 2016, diumumkan bahwa salah seorang bakal calon yakni Repelita Tarigan tidak memenuhi persyaratan, sehingga gagal sebagai Balon Kades Delitua.

Anehnya, dalam sejumlah pengumuman yang ditempelkan di berbagai tempat tertulis penanggalannya pada 1 Maret 2015. Jadi, ini jelas keliru dan cacat hukum.

Repelita Tarigan
Repelita Tarigan

Apabila merujuk ke Peraturan Bupati No. 1966 Tahun 2015 pada point ke 2 huruf A sub b lampiran I ditegaskan, dalam hal terdapat kekurangan dan/ atau keragu-raguan tentang persyaratan yang telah ditetapkan, maka Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) memberitahukan secara tertulis kepada bakal calon Kades untuk melengkapi berkas persyaratan paling lama 7 hari sejak pemberitahuan oleh P2KD. Namun, hal ini tidak dilakukan oleh P2KD.

Repelita Tarigan, lulusan S1 Peternakan dan S2 Teknik Lingkungan dari UGM Jogjakarta ini adalah putera drs. Genuk Tarigan (almarhum) pensiunan Dosen IKIP Medan/ UNIMED dan juga mantan anggota DPRD Deliserdang Periode 1999-2004 dari Partai PDIP.

Repelita Tarigan yang sejak kuliah dan bekerja lama bermukim di Yogjakarta dan beberapa tahun terakhir menetap tinggal di Desa Delitua karena diminta dan dipercaya keluarga sebagai Ketua Yayasan Pendidikan Cerdas Bangsa yang mengasuh TK, SD, SMP dan SMA ini sepeninggal orangtuanya.

Beliau juga dikenal sebagai penggiat olahraga beladiri dan pelatih Karate Kala Hitam juga aktif di Facebook dengan inisial Pelita Tarigan. Ia adalah member aktif di Group Jamburta Merga Silima (JMS) dan dikenal sangat meKaro serta suka membantu para mahasiswa Karo yang akan kuliah atau yang sudah diterima kuliah di Yogjakarta.,




Leave a Reply