Kolom M.U. Ginting: Hari Senja Partai-partai Politik

0
163




M.U. GINTING 3“Kontra strategi . . . melalui program-program yang kreatif dan menarik yang lebih bisa menggarap rasio dan religio pemilih,” kata Darwono Tuan Guru di kolomnya di Sora Sirulo.

Betul sekali kontra strategi ini kalau mau mengalahkan Ahok. Pertama menciptakan program, tidaklah begitu susah atau sangat susah. Selebihnya  bikin menarik yang bisa menggarap rasio pemilih. Tingkat ini pastilah lebih susah, terutama bagi orang-orang yang berpikiran seperti gubernur-gubernur lama yang selama ini tak bikin apa-apa kecuali untuk dirinya sendiri.

Gubernur pertama Jakarta yang ‘bikin apa-apa’ baru Jokowi dan diteruskan oleh Ahok Jakartadengan sungguh-sungguh dan tekun,  dengan caranya yang tidak ‘konvensional’ atau sopan santun konvensional yang tak menyinggung lawan (dari penglihatan saya, Ahok kasar terhadap lawan-lawan yang memang bersalah, korupsi atau bikin kerugian bagi Jakarta).

Dia juga konsisten atas formulanya yang terkenal itu, pecat, pecat, pecat. Ini juga bikin orang tidak senang, tetapi orang mana? Ahok juga tetap pada pendiriannya soal independensi  dari partai mana saja. Apakah Ahok sudah melihat hari senja partai-partai politik dunia?

Jokowi jelas sudah melihat ‘hari senja’ partai-partai politik ini, dilihat dari revolusi mentalnya. Saya menduga bahwa Ahok juga sudah melihat gejala ini, karena tegas tetap siap dan berani tanggung resiko tinggi independensinya sebagai calon independen tahun depan.

Beberapa partai politik sudah berani meninggalkan ‘mekanisme partai’ dalam dukungannya terhadap Ahok. Mereka ini memandang dan menilai Ahok bukan dari ‘mekanisme partainya’ tetapi dari apa yang diperbuat oleh Ahok untuk Jakarta dan bangsa ini. Partai-partai ini kemungkinan juga sudah melihat ‘hari senja’ partai-partai politik seluruh dunia itu. Dan dengan begitu bikin penyesuaian.

Ahok bangun Jakarta dengan politik keterbukaan. Rapat-rapat balai kota dibikin jadi tontonan publik bisa hadir di rapat-rapat kota. Di atas semuanya ialah, dia tidak korupsi, walaupun sudah sering mau dijebak dengan kasus korupsi oleh lawan-lawannya, tetapi sampai sekarang tak berhasil.




Leave a Reply