Kolom M.U. Ginting: INTERNET DEMOCRACY

0
99




M.U. GINTING 3Dalam menanggapi pembangkangan sebagian anggota DPR yang tak mau bikin laporan LHKPN, pimpinan KPK Saut Situmorang bilang, KPK bakal mengumumkan nama-nama anggota yang belum melaporkan LHKPN.

“Cepat atau lambat kita akan umumkan karena itu adalah kewajiban kita,” pungkas Saut di merdeka.com.

Bagus, Pak Saut, umumkan secepat mungkin biar publik dapat info dan bisa bikin penilaian atas orang-orang ’terhormat’ wakil rakyat ini. Pembangkangan mereka sesuai denga proses hari senja partai-partai politik dunia, dan yang di Indonesia juga sangat terasa dan terlihat oleh publik.

internet 2Sudah banyak usaha alternatif publik dunia dalam menggantikan peranan DPR (DPR adalah hasil dari partai-partai politik) yang semakin terlihat tak ada gunanya bagi rakyat, bagi perubahan dan perkembangan satu negeri. Sudah banyak berdiri ’partai internet’ di negeri-negeri lain, tetapi partai-partai ini masih belum menemukan bentuk yang final, yang diharapkan mampu menggantikan peranan partai-partai lama itu. Contohnya, di Spanyol dalam pernyataannya  mau mendampingi perwakilan lama itu, ’tanpa revolusi’ katanya, di Ukraina mau bikin ’internet government’.

Semua usaha ini adalah karena sudah muak dengan DPR/ partai lama, dan dalam rangka memanfaatkan perkembangan nyata bentuk baru komunikasi dunia sesama internet 3manusia akibat perubahan yang dibikin oleh adanya internet. Karena itu juga semua usaha itu dimaksudkan adalah untuk mewujudkan ’internet democracy’ yang terlihat sudah sangat mungkin dan juga terasa keharusan. Artinya keharusan bikin perubahan daripada menonton dan meneruskan menonton kelakuan DPR/ parpol, yang memuakkan dan sangat merugikan bagi satu negeri, dan juga semakin jelas bagi publik adalah badan penipu rakyat dan jadi parasit besar dalam tubuh satu nation.  

Usaha-usaha baru yang sudah terlihat ini bisa dikatakan masih dalam rangka ’mencari’ bentuk konkret yang bisa ‘ditangkap’ oleh publik dan masyarakat umum, sehingga satu waktu betul-betul bisa membentuk kekuatan besar publik dan masyarakat dan bisa melenyapkan secara total badan parasit/ penipu dan penghambat perkembangan kemajuan satu nation yaitu DPR/ partainya.

 




Leave a Reply