Harga Cabai Merah Terus Merosot. Besok Pedagang Sayur Unjukrasa ke Pemko Medan

0
181

HelmiMulana TarsilIKA HELMINA. MEDAN/ MAULANA TARSIL. BERASTAGI. Sekitar 2 minggu lalu, harga cabai merah sempat mencapai Rp. 44.000/ Kg. Angka ini rupanya telah mencapai puncaknya.

Soalnya, beberapa hari setelah mencapai harga setinggi itu, harga cabai merah perlahan terus merosot. Kemarin [Jumat 25/3] di Pasar Roga, Berastagi, cabai merah laku hanya dengan harga Rp. 24.000/ Kg. Harga ini bertahan hingga hari ini [Sabtu 26/3]. Adapun di Medan pagi tadi, harga cabai merah masih seperti biasa sekitar Rp. 38.000/ Kg.

Menurut para pedagang perantara (verkoper/ broker) di Pasar Berastagi kepada Sora Sirulo, menurunnya harga cabai merah ini disebabkan tidak menentunya keadaan di Pasar Induk Medan yang lama. Sebagaimana pernah diberitakan oleh Sora Sirulo, pedagang sayur yang selama ini membuka lapak di Jl. Sutomo dan Jl. Seram, Medan, digusur oleh Satpol PP Pemko Medan 2 minggu lalu (Baca di SINI). Para pedagang pindah ke Jl. Perjuangan. Namun, dari Jl. Perjuangan mereka digusur lagi (Lihat video di bawah).

Setelah itu, para pedagang sayur itu melakukan protes ke Kantor Pemko Medan. Namun, hingga kini keadaan belum menentu di sana. Sebagaimana dituturkan oleh seorang pedagang kepada Sora Sirulo di Medan, para pedagang sayur sebagian tidak datang lagi berjualan ke bagian pusat kota itu.

pasar roga 12
Pasar Roga, Berastagi (Dataran Tinggi Karo). Foto: BOY SYAHPUTRA.

“Seperti saya, pindah berjualan ke Pasar Inpress Simpang Kuala,” kata beru Perangin-angin ini.

Penggusuran terkait pula dengan tuntutan para pedagang sayur yang telah membeli atau menyewa lapaknya di Pasar Induk Medan yang baru di Lau Cih, daerah kawasan Suku Karo di Medan. Sebagaimana juga telah pernah diberitakan, sebagian bertahan di Pasar Induk Medan yang lama dan tidak mau pindah ke Laucih. Para pedagang sayur yang telah pindah ke Laucih mengnggap tidak fair bila mereka tetap diijinkan berjualn di lokasi lama sehingga berakibat pembeli tetap berelanja di lokasi lama tanpa merasa terpaksa pindah ke lokasi baru. Merekapun memprotes Pemko Medan. Kini, protes mereka didengarkan oleh walikot dan membesihkan lokasi lama dari pedagang sayur.

Namun begitu, pembeli yang merasa lebih dekat ke lokasi lama tetap masih malas berbelanja ke Laucih. Ini mengakibatkan penurunan permintaan akan sayur, khususnya cabai merah, yang selanjutnya harga cabai merah terus merosot ke angka Rp. 24.000/ Kg hari ini di Pasar Roga, Berastagi.

Memang, kemarin dan tadi pagi, lokasi lama kembali diserbu para pedagang sayur lagi karena tidak dijaga oleh Satpol PP. Namun begitu, pedagang antara tidak mau menanggung resiko membeli banyak sayuran di Dataran Tinggi Karo sepanjang belum ada jaminan akan ada pedagang eceran yang membeli barang mereka itu di Medan.

Berita terakhir diterima oleh Sora Sirulo hari ini mengatakan, besok [Senin 27/3: Pkl. 09.00 WIB], semua pedagang yang tergusur di Pusar Pasar lama akan melakukan hunjukrasa ke Kantor Walikota Medan. Mereka memohon ke walikota agar diperkenankan kembali berjualan di tempat lama atau diadakan pengaturan baru.








Leave a Reply