Sirulo TV: Pusat Pasar Lama Medan Ricuh Pagi Tadi

0
145

HelmiIKA HELMINA BANGUN. MEDAN. Kembali ricuh terjadi di lokasi lama Pasar Induk Medan pagi subuh tadi [Rabu 30/3]. Setelah terjadi lempar melempar antara para pedagang yang kebanyakan adlah ibu-ibu dari Suku Karo dengan Satpol PP Pemko Medan, para pedagangpun mengadakan aksi bakar-bakar ban dan keranjang sayur di tengah Jl. Sutomo.

Sebuah mobil patroli dari Poltabes Medan stand by di dekat api unggun, akan tetapi mereka tidak melakukan tindakan apa-apa melihat para pedagang tetap menambah bahan bakar ke api unggun.

pasar induk 8Menurut beberapa pedagang yang sempat diwawancarai oleh Sora Sirulo, kericuhan mulai ketika Satpol PP mengangkut barang dagangan yang dipajang di sana.

“Salah seorang ibu pedagang mengadakan perlawanan, tapi Satpol PP mengatasinya dengan kekerasan. Ibu-ibu lain pun mengamuklah. Mereka melempari Satpol PP hingga keadaan pun reda ketika polisi memasuki lapangan,” tutur seorang pedagang beru Karo.

Sebagaimana pernah diberitakan oleh Sora Sirulo, masalah ini berawal dari pemindahan lokasi Pasar Induk Medan dari Jl. Sutomo ke Laucih yang berada di kawasan pemukiman Suku Karo, bagian Selatan Kota Medan. Pedagang eceran ternyata merasa lokasi berjualan yang baru terlalu mahal dan mereka bertahan di lokasi lama.




Bertahannya pedagang eceran di lokasi lama membuat konsumen yang merasa lebih dekat ke Jl. Sutomo daripada ke Laucih tetap bertahan untuk berbelanja di lokasi lama. Ini membuat para pedagang yang sudah pindah ke Laucih merasa dipermainkan. Merekapun mengadakan unjuk rasa menuntut Pemko Medan mengosongkan lokasi lama dari pedagang sayur.

Itulah yang sekarang terjadi hingga kericuhan besar tidak dapat dihindari pagi tadi.





Leave a Reply