Penanaman Aren dari Medan Hingga Takengon

1
158

natanael milalaNATANAEL MILALA. BERASTAGI. Terkait dengan Hari Bumi 22 April 2016 dan Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2016 yang akan datang, diadakan Gerakan Menanam Pohon di kiri dan kanan bahu jalan sepanjang jalan dari Medan ke Sibolangit, Berastagi, Kabanjahe, Takengon hingga Aceh sepanjang 425 km ditanami pohon aren sebanyak 10.000 pohon.


“Gerakan ini , sudah lama di rencanakan. Namun, baru tahun 2016 ini dilakukan secara lebih intensif,” Kata Benson Kaban, seorang aktivis lingkungan Sumatera Utara.

Lebih lanjut Benson mengatakan, penanaman pohon aren ini akan memberi manfaat bagi masyarakat dan kelestarian lingkungan.

Selanjutnya Benson menuturkan bahwa gagasan penanaman pohon aren muncul setelah sering menyaksikan bencana tanah longsor di sepanjang jalan nasional Medan aren 2— Kabanjahe hingga Aceh.

“Menariknya, di tempat-tempat yang ditumbuhi pohon aren ternyata jarang sekali terjadi longsor,” ujar Benson.

Atas dasar itulah, Benson melakukan riset di beberapa tempat. Terbukti pohon aren memang cocok ditanam di daerah yang rawan longsor.

Benson kemudian menggalang dana dengan cara menggugah relawan untuk berperan serta dalam merealisasikan gerakan penanaman pohon aren. Hasilnya, April dan Juni 2016 nanti akan diwujudkan.

Penanaman pohon aren dilakukan dalam empat tahap, dengan waktu 45 hari:



Tahap I antara Medan- Kabanjahe sepanjang 75,2 km.
Tahap ke II Kabanjahe – Kota Cane sepanjang 128,8 km.
Tahap III Kota Cane Belangkejeren sepanjang 130,8 km.
Tahap ke IV Belangkejeren Takengon sepanjang 92,8 km.




1 COMMENT

Leave a Reply