LSM Tanah Karo Hebat Sumbang Pohon

1
153

B. KurniaB. KURNIA PARGAULAN P. KABANJAHE. Relawan dari LSM Tanah Karo Hebat bekerjasama dengan Mutiara Intan menyumbangkan ratusan pohon guna pelestarian lingkungan dan memelihara bumi dari kegersangan. Pohon dari berbagai jenis diserahkan Ketua LSM Tanah Karo Hebat (Hanna Bangun) didampingi Mutiara Intan kepada Kapolres Tanah Karo AKBP Victor Togi Tambunan SIk, Dandim 0205/ TK Letkol Inf Agustatius Sitepu, dan Danyon 125 Simbisa Mayor Inf Kohir [Rabu 30/3].

“Pemberian pohon sebagai tindak lanjut penghijauan lingkungan dalam langkah pelestarian alam agar tanah tidak tandus. Merawat bumi selain menanam pohon dengan pupuk organik sudah membantu gerakan pelestarian alam sebagai jalan mengurangi resiko penggunaan zat kimia pada pestisida yang dipakai masyarakat,” kata Hanna Bangun di sela-sela kegiatan.

pohonSelanjutnya Hanna menjelaskan, sebagai komitmen, kita menjaga alam Tanah Karo Simalem agar tetap asri.

“Gerakan sumbang pohon tahap berikutnya akan segera dilakukan dengan melibatkan mobilisasi penggerak masyarakat, yakni Kodim 0205/ TK, Polres, dan Yonif 125 Simbisa Kabanjahe,” ujarnya.

Hal Senada, disampaikan oleh Mutiara Intan bahwa menjaga dan melindungi bumi beserta isinya bukan hanya Manusia yang merasakannya, tapi seluruh mahluk hidup di dalamnya juga merasakan. Sebab itu, alam dan manusia tidak terpisahkan. Tumbuhan di bumi menghasilkan udara sebagai kebutuhan primer manusia jadi harus dijaga kelangsungananya baik sekarang, nanti hingga anak dan cucu kita.




“Intinya, tidak ada pencemaran lingkungan, pohon tidak ditebangi, bumi sehat, semua mahluk hidup termasuk manusia berada di dalamnya juga pasti sehat. Harapan kami, pohon yang sudah ditanam dapat terpelihara dan terawat,” kata Mutiara Intan.

Di tempat terpisah, Amin Sebayang mengatakan, tindakan nyata harus dilakukan bersama guna memperbaiki lingkungan Tanah Karo. Lingkungan tempat tinggal harus bersih dari sampah.

“Mengelola sampah dengan baik dan tahu caranya, saya yakin sampah bisa jadi hal yang bisa dimanfaatkan sebagai kompos atau sejenisnya,” kata Amin Sebayang (72), salah seorang tokoh Karo peduli kebersihan.




1 COMMENT

  1. Kegiatan yang sangat bagus, bukan hanya menjaga lingkungan tetapi juga meningkatkan kesedaran rakyat menjaga lingkungan, dan inilah juga yang sangat penting.
    Perbanyak kegiatan semacam ini, dan bagusnya kalau semua golongan ikut, seperti polisi, militer dan warga setempat. Mari berlomba bikin kegiatan lingkungan!
    Kalau begitu Tanah Karo bisa mengikuti perkembangan kalau pun belum didepan seperti daerah-daerah lainnya yang sudah banyak bergerak didiepan dalam soal lingkungan ini, atau apa saja.
    MUG

Leave a Reply