Kolom Herli Sitepu: SERIBU BANDING SATU

0
124

Jepang 2Salah satu dialog dalam film “Dumb and Dumber” yang masih kita ingat adalah ketika Lloyd Christmas menyatakan cinta kepada Mary Swanson. Mary menolak. Lloyd tidak menyerah. Ia bertanya, berapa banyak kesempatan yang ia miliki untuk mendapat cinta Mary.

Lalu, wanita itu menjawab: “Seribu banding satu.”

Anehnya, Llyod justru bersorak gembira mendengarnya.

“Itu berarti saya masih memiliki kesempatan, kan?” katanya.

Begitulah seorang yang optimis. Ia akan fokus pada kesempatan yang ada, sekecil apa pun kesempatan itu. Karenanya, ia akan selalu punya pengharapan, tidak akan patah arang dalam kesusahan.

herli sitepu 5

Yusuf juga seorang yang optimis. Ia tidak putus harapan, ketika ia berada di dalam penjara. Ia menolong juru minuman dengan menafsirkan mimpinya. Lalu, ia berpesan: “Ingatlah kepadau apabila keadaanmu telah baik nanti. Tunjukkanlah terima kasihmu kepadaku dengan menceritakan hal ihwalku kepada Firaun dan tolonglah keluarkan aku dari tempat ini.”

Kesempatan yang Yusuf miliki itu memang tidak besar. Buktinya si juru minuman kemudian melupakannya. Namun, justru dari kesempatan kecil tersebut Yusuf mengawali kisah suksesnya di Mesir.




Mungkin saat ini kita tengah berada dlm “penjara kesulitan”. Kesempatan yang kita miliki untuk keluar begitu kecil. Jangan berkecil hati. Jangan menyerah dan teruslah berusaha. Lakukan apa yang bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya. Ingatlah bahwa dari kesempatan kecil itu tidak jarang tersedia jalan yang lebar bagi kesuksesan seperti yang Yusuf alami.

Kesempatan sekecil apapun itu menunjukkan masih adanya harapan. Tetap semangat. GBU!




Leave a Reply