Kolom M.U. Ginting: JOKOWI MEMULAINYA DARI DAERAH

0
135

M.U. GINTING 3Ide presiden mengumpulkan kepala daerah seluruh Indonesia merupakan terobosan yang menarik. Angka inflasi dan angka pertumbuhan DIMULAI DARI DAERAH!

Ide lama di mailing list (milis) Karo yang sering kita sebut “dimulai dari daerah” kiranya sudah mulai bisa dipraktekkan di seluruh Indonesia. Tentu juga tak terkecuali dan terutama bagi orang Karo ialah dimulai dari Taneh Karo, meliputi semua daerah ulayat Karo termasuk yang dikuasai pendatang. Pemegang tanah ulayat Karo harus mulai ambil inisiatif menggerakkan pembangunan daerah ulayatnya. Jargon ’kearifan lokal’ diterapkan dalam praktek sehingga jadi kenyataan.




Bupati-bupati di Taneh Karo (Kabupaten-kabupaten Karo, Langkat, Deliserdang serta Simalungun dan Dairi) kalau ikut ke Jakarta kemarin, pulang langsung bikin dalam daerahpraktek. Jangan dimulainya menunggu ‘akhir tahun’. Ini sangat diharapkan oleh rakyat Karo, supaya Bupati Karo juga bisa bikin terobosan baru di daerahnya dalam mengurangi angka inflasi dan menambah angka pembangunan. 

Juga penting untuk memulai dengan penyelidikan berapa kerusakan lingkungan usaha panas bumi Sibayak dan informasi kepada publik soal keuntungan yang dikeruk oleh perusahaan ini dan usaha air minum Aqua Doulu. Sudah waktunya publik Karo patut dapat informasi sesungguhnya dalam soal ini, karena soal ini menyangkut nasib dan kehidupan mereka setiap harinya.

Jaman keterbukaan dan jaman meja publik sudah datang. Manfaatkan!




Leave a Reply