Tandanya Aku Suku Karo

1
481

Abdi Pranata 1

Oleh: Abdi Pranata Karo-karo Purba

 

Abdi Pranata 2Sering kali sekarang ini teman-temanku yang non Karo bertanya padaku: “Ngapain sih dikau bawain kain warna merah (uis beka buluh) sama suling (balobat) ke mana- mana? Bukannya ribet?” Terus, sambil senyum kujawab:

“2 barang ini adalah identitasku sebagai orang Karo. Kenapa harus kubawa? Karena setiap kali aku membawanya aku akan selalu mengingat kebudayaan Suku Karo, dan setiap kali aku mengingatnya, aku harus tetap melestarikannya, sebab aku gak mau kebudayaan Karo hilan ditelan kebudayaan lain.”

Kalau masalah repot, coba aja bayangin lebih repot mana membuat kain tenung merah sama suling ini? Sudah jelas lebih repot membuatnya, bukan? Begitulah mengapa kain merah dan suling ini selalu aku bawa ke mana-mana. 




Satu lagi fungsi 2 barang ini adalah sebagai magnet. Contoh, jika aku pergi ke suatu kota, ada orang Karo yang melihat kain merah ini melingkar di leherku, pasti dia menghampiri aku dan mengucapkan salam mejuah-juah. Padahal belum tentu orang tersebut aku kenali.

Itulah eratnya persatuan kami sebagai warga Suku Karo. Eh, jangan salah, Karo bukan Batak. Karo adalah suku mandiri yang bukan bagian dari suku lain.




1 COMMENT

  1. adi km la akapndu kam batak , bandu dja ban la batak, nggo jelas2 tulisen na batak karo, kmi tading tanehbperantauan enda erat siluaturahmi kmi smua rukun batak, ula perban statement ndu mka kmi pecah,
    bjur ras mjuah2

Leave a Reply