Foto Tangas-tangas Kidu Juara 3 Festival Kuliner Nusantara

0
257

kidu 4  

SyabilaSYABILA GINTING. JAKARTA. Kementrian Pariwisata Republik Indonesia menggelar Festival Kuliner Nusantara yang diselenggarakan mulai tanggal 14 hingga 16 April 2016 di Mall Artha Gading, Jakarta. Tujuan festival ini adalah memperkenalkan kuliner khas daerah serta memperkenalkan kuliner Indonesia sebagai ajang promosi pariwisata. Salah satu acara dalam Festival Kuliner Nusantara ini adalah “Lomba Foto Pesona Kuliner Nusantara 2016 di Instagram”.

Jhon Primsa Sitepu mengikuti lomba foto ini dengan mengangkat kuliner budaya Karo karena budaya Karo memiliki beragam kuliner; seperti cimpa, pagit-pagit, ,jong labar, bulung gadung tutu, gule nurung kerah, BPK, dll.

“Tiba-tiba saya teringat makanan yang pernah saya nikmati sewaktu masih kecil, yaitu Gulai Kidu. Masakan ini cukup sulit dijumpai sekarang ini di Taneh Karo karena bahan bakunya, yakni kidu (ulat sagu, red.) cukup sulit didapatkan. Saya akhirnya memutuskan untuk memasak di rumah dengan bertanya kepada ibu dan browsing di internet. Saya pun membeli kidu di Pasar Singa, Kabanjahe, dengan harga Rp 2.000 /ekornya. Lalu, saya olah dengan memasaknya di rumah,”  tutur Jhon Primsa.

  Selanjutnya, Jhon Primsa menuturkan pengalamannya mengolah kidu. Dia melihat bahwa masakan ini tidak cocok dikatakan gulai kidu karena masakannya kering tidak kidu 5memiliki kuah. Jadi, setelah bertanya dan tukar pikiran dengan ibunya, dia menamai masakannya Tangas-tangas Kidu yang sekaligus menjadi judul fotonya. Untuk pembuatan foto, Jhon Primsa menyajikan Tangas-tangas Kidu dengan dengan nasi putih dan ditata semenarik mungkin. Seelah membuat fotonya, dia mengirimkannya ke panitia dengan harapan Tangas-tangas Kidu dilirik oleh tim juri sebagai kekayaan kuliner daerah dari Taneh Karo.

“Setelah menunggu beberapa minggu, saya dihubungi oleh pihak Pesona Kuliner Nusantara dan mengatakan foto saya terpilih menjadi juara ke tiga. Saya bangga karena kuliner budaya Karo akhirnya mendapat lirikan dari juri dan berhasil bersaing dengan 8.000 foto lainnya.

Adapun jurinya adalah sebagai berikut ; 1. Johnny TG (Fotographer senior Kompas). 2. Anthony Bactiar (pimpinan sekolah fotografi North Institut). 3. Don Kardono (Staf Khusus Pariwisata Bidang Komunikasi). 4. Chef Chandra Yudaswara (Chef Table NET.TV dan juga Chef beberapa restoran).

 

Tanggal 14 April 2016 para Juara I, II, dan III lomba foto Pesona Kuliner Nusantara diundang ke Jakarta untuk menerima hadiah, sertifikat, dan trophy bersamaan dengan Pembukaan Festival Kuliner Nusantara 2016 di Mall Artha Gading.

“Kita bersyukur karena melalui acara ini kita dapat memperkenalkan kuliner budaya Kalak Karo ke mata Nusantara,” kata Jhon Primsa lagi

Dalam acara ini juga dibuka stand-stand pameran untuk setiap provinsi mempromosikan kuliner daerahnya. Sayangnya, Provinsi Sumatera Utara tidak ada membuka stand.

“Semoga pariwisata di Taneh Karo bisa terus berkembang dan menjaga kekayaan budayanya,” kata Jhon Primsa Sitepu berharap.

 

 

Leave a Reply